Sukses

Jelang Tahun Baru, Jalur Arteri Purwakarta - Bandung Macet 20 Km

Kemacetan di jalur arteri Purwakarta - Bandung itu menyebabkan kendaraan berhenti di jalan hingga dua jam.

Liputan6.com, Purwakarta - Kemacetan parah terjadi di jalur arteri Purwakarta - Bandung sekitar 20 kilometer di wilayah Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Kemacetan terjadi sejak Selasa (27/12/2016) pagi.

Seluruh kendaraan mengarah Bandung dari Jakarta tertahan dan hampir tidak bisa bergerak selama berjam-jam. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, kemacetan dimulai dari pintu keluar Tol Sadang, berlanjut di sepanjang jalur menuju Purwakarta kota, hingga sepanjang jalur Purwakarta - Bandung.

"Sudah dua jam, tidak bisa bergerak. Ini macet total," kata salah seorang pengguna jalan Mega Nugraha.

Kemacetan di jalur arteri di jalur Jakarta mengarah ke Bandung disebabkan tingginya volume kendaraan di jalur itu. Hal itu seiring pengalihan arus untuk kendaraan besar dari Tol Cipularang, baik melalui Tol Sadang maupun pintu Tol Jatiluhur.

"Biasanya tidak pernah ada macet. Ini macet karena jalan dipenuhi truk dan bus," tutur Mega.

Guna mengantisipasi kemacetan, pihak Polres Purwakarta mulai melakukan rekayasa arus di sekitar jalur menuju pusat kota, seperti di perempatan Iming di Jalan Taman Pahlawan.

Diperkirakan kemacetan di jalur Purwakarta - Bandung akan terus terjadi selama pengalihan arus terus dilakukan. Hal itu mengingat kondisi jalan di jalur arteri yang hanya satu lajur serta banyaknya kendaraan besar yang berjalan di bawah 20 kilometer per jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.