Sukses

Berkabung Kematian Pemandu Senior, Gua Pindul Tutup 2 Hari

Liputan6.com, Gunungkidul - Tewasnya salah seorang pemandu Gua Pindul, Giyo (50), membuat pengelola menutup sementara objek wisata di kawasan Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua Kelompok Desa Wisata Bejiharjo (Dewa Bejo) Bagyo mengatakan objek wisata Gua Pindul ditutup sementara selama dua hari. Yaitu, terhitung mulai Selasa hingga Rabu (12/10/2016).

Menurut dia, penutupan sementara ini sebagai bentuk berkabung atas kejadian pada Minggu, 9 Oktober 2016. Giyo meninggal dunia usai mengantarkan wisatawan di gua tersebut.

"Iya ditutup mulai hari ini, Selasa dan Rabu besok," ucap Bagyo, Selasa, 11 Oktober 2016.

Bagyo menjelaskan setelah masa berkabung maka objek wisata ini akan kembali dibuka. Selama dua hari ini pengelola sudah sepakat untuk tidak menerima tamu. Dengan demikian, objek wisata ini tidak seperti biasa dikunjungi ratusan hingga ribuan pengunjung.

"Kita sudah sepakat dan Pindul akan dibuka lagi pada Kamis besok," ujar Bagya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbubpar) Gunungkidul Hary Sukmono sebelumnya sudah menyerahkan penutupan itu kepada pengelola wisata Gua Pindul.

Berkaca pada kasus ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait dalam pemenuhan peralatan memadai yang digunakan pemandu maupun wisatawan. Dengan begitu, kematian seperti dialami pemandu wisata tersebut tidak terjadi lagi.

"Jadi, penutupan sementara adalah inisiatif para pengelola. Nanti akan kami komunikasikan terlebih dahulu terkait peralatan," kata pegawai Dihubpar Gunungkidul tersebut.

Loading