Sukses

Eksplorasi Gua Pindul, Menegangkan tapi Menyenangkan

Daya tarik wisata Gua Pindul di Gunung Kidul semakin memikat.

Liputan6.com, Jakarta Daya tarik wisata Gua Pindul di Gunung Kidul semakin memikat. Kehadiran wisata alam ini seakan memicu tumbuhnya berbagai objek wisata lainnya dan menjadikan Gunung Kidul sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang sangat menarik.

Saat ini pesona Gua Pindul semakin menawan dengan dimasukkannya Gua Sriti sebagai destinasi wisata baru. Objek wisata yang terletak di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul, ini diharapkan dapat menarik semakin banyak wisatawan ke kawasan ini.

“Gua Sriti sudah mulai diperkenalkan sebagai destinasi baru di Gua Pindul. Untuk launching-nya baru akan dilakukan September 2016,” kata Alvin, staf Karya Wisata Organizer, saat mendampingi sekitar 40 wirausahawan pemula yang mengikuti pelatihan outbound di Gua Pindul, belum lama ini.

Eksplorasi Goa Pindul, Menegangkan Tapi Menyenangkan

Pelatihan ini diadakan Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan anggota DPR RI H Ambar Tjahyono, SE MM, dalam rangka reses Agustus 2016. Pelatihan itu dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama akan diisi dengan materi kewirausahaan, dan hari kedua diisi dengan outbound.

“Gua Pindul merupakan potensi lokal yang perlu dikembangkan secara sinergis dengan potensi lokal lainnya untuk semaksimal mungkin kesejahteraan warga di sekitarnya. Kerajinan maupun makanan yang dibuat dari bahan lokal dapat melengkapi wisata ini untuk oleh-oleh para wisatawan yang datang,” kata anggota dewan dari Dapil DIY ini.

Eksplorasi Goa Pindul, Menegangkan Tapi Menyenangkan

Beberapa jenis kegiatan outbound yang diadakan antara lain fun game atau permainan kerja sama yang diadakan di dekat Gua Sriti. Setelah itu rombongan melakukan rafting di sepanjang Kali Oya yang berjarak sekitar 2 km. Petualangan dengan dukungan pemandangan alam yang asri di sekitar Bejiharjo memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan.

Gua Pindul merupakan salah satu kawasan wisata yang menyedot banyak sekali wisatawan ke Gunung Kidul, baik wisatawan Nusantara maupun asing. Perkembangan wisata di Gunung Kidul makin terasa saat akhir pekan maupun liburan yang membuat macet jalanan di kawasan ini.

Eksplorasi Goa Pindul, Menegangkan Tapi Menyenangkan

Namun perkembangan wisata di daerah ini tampaknya kurang cepat diikuti pembangunan infrastruktur oleh pemda setempat. Fasilitas jalan menuju lokasi rafting di Kali Oya belum di aspal dan sangat terjal, sehingga cukup berbahaya bagi wisatawan yang datang. Begitu juga cara pengangkutan wisatawan ke Kali Oya yang menggunakan colt pick up terasa agak mengerikan.

Penulis:

Yusuf CK

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini