Sukses

Kedai Kopi Ini Beri Diskon 100 Persen bagi Penghafal Alquran

Pemilik sangat optimistis bisa bersaing dengan kedai-kedai kopi lain di Palembang.

Liputan6.com, Palembang - Minat penikmat kopi di Palembang, Sumatera Selatan, terbilang tinggi. Banyak kedai bermunculan dan menyasar segmen berbeda, yakni kelas bawah, menengah sampai kelas atas.

Berbagai upaya juga dilakukan untuk menggaet pelanggan. Salah satunya Kedai Luar Negeri yang terletak di kawasan Jalan A Yani, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan. Pulung (35), pemiliknya, sengaja meluncurkan program diskon yang mulia.

Salah satunya bagi hafiz (penghafal) Alquran. "Tak perlu bayar. Kami beri diskon 100 persen, tentunya harus melewati tes," kata Pulung di Palembang, Rabu, 10 Agustus 2016.

Di samping itu terdapat beberapa diskon lain. Pulung sendiri sengaja belajar mengenai kopi selama sekitar tiga bulan kepada seorang teman di Pulau Jawa. Pulung yakin meski sederhana, kedai yang dimilikinya mampu bersaing.

Sejauh ini pemilik kedai kopi di Palembang mampu meraup sedikitnya Rp 500 ribu setiap malam. Pengunjungnya didominasi berbagai kalangan, mahasiswa sampai pekerja. Kedai kopi dianggap sarana pelepas penat.

Pengamat sosial Universitas Sriwijaya Alfitri menjelaskan, jika kini seiring majunya Kota Palembang, taraf hidup masyarakat juga ikut meningkat. "Nongkrong" di kedai kopi mulai jadi budaya kekinian.

 Kedai kopi di Palembang gratiskan penghapal Alquran (Liputan6.com / Raden Fajar)

Transformasi masyarakat, menurut Alfitri, terjadi akibat pergeseran sistem manual yang mulai beralih ke teknologi di setiap aktivitas. Baik untuk pekerja atau mahasiswa.

"Peluang ini yang ditangkap pasar. Untuk berkomunikasi, bertemu dengan teman atau saudara sambil menyeruput kopi," kata dia.

Namun, Alfitri menyebut jika perlahan, dengan menjamurnya kedai kopi ini akan muncul pula konsekuensi negatif. Alhasil, diperlukan kontrol sosial baik dari pemerintah maupun institusi lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini