Sukses

Sebagian Muslim di Aceh Sudah Lebaran

Mereka menggelar salat Id pagi tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian umat muslim di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh telah merayakan Lebaran. Mereka menggelar salat Id pagi tadi.

"Yang sudah berlebaran hari ini adalah pengikut jemaah Syattariah," kata seorang warga Alue Keumang, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat, Aceh, Abdul Manan, seperti dikutip dari Antara, Senin (4/7/2016).

"Kenapa Lebaran lebih awal? Ya karena sudah melaksanakan puasa penuh sesuai dengan perhitungan (hisab)," dia menambahkan.

Penganut tarekat Syattariah telah melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh.

Baca Juga

"Pengikut Syattariah masuk puasa Ramadan lebih awal untuk berjaga-jaga agar tidak ada jumlah bilangan hari dalam bulan Ramadan tertinggal. Jadi kalau memang sudah penuh 30 hari maka semuanya berlebaran," tutur Abdul.

Daerah-daerah di Aceh yang warganya telah berlebaran, yakni empat desa di Kecamatan Panton Reu, tiga desa di Kecamatan Pante Ceureumen, serta ribuan masyarakat dalam dua kecamatan di Kabupaten Nagan Raya.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Aceh Barat telah mengeluarkan edaran dan mengajak semua umat muslim mengikuti ritual pemantauan hilal untuk penentuan masuknya 1 Syawal 1437 Hijiriah di Pantai Suak Geudeubang, Kecamatan Sama Tiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.