Sukses

Granat Sisa Perang Dunia Digantung di Pohon Nangka

Warga Palembang menemukan granat sisa perang dunia.

Liputan6.com, Palembang - Sebuah granat diduga sisa Perang Dunia II ditemukan Muhammad Acep (61), di halaman rumahnya di kawasan Jl Sersan Zaini, Lr Amal, Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan IT II, Palembang.
 
Saat ditemukan, Acep tengah meratakan pasir untuk membangun di depan rumahnya itu dengan menggunakan cangkul. Tiba-tiba, ujung cangkulnya terbentur dengan besi granat.

Acep yang curiga, lantas membongkar tanah berpasir itu lalu mengangkat bongkahan besi berukuran panjang sekitar 4 cm dan berdiameter 2,4 inci. Tak tahu jika telah menemukan granat nanas, Acep mencuci dan menyikatnya.
 
"Baru setelah bersih saya tahu itu granat,"kata Acep, Selasa (12/4/2016).

Namun, saat usai mencuci granat tersebut, Acep meyakini jika granat tak lagi aktif. Ia lantas memasukkan granat tersebut ke dalam kantong plastik lalu menggantungnya di salah satu tangkai pohon nangka dekat rumahnya.

Sempat menjadi tontonan warga, Ketua RT setempat akhirnya melaporkan temuan itu ke polisi. Tim Jihandak Satbrimobda Polda Sumsel langsung datang mengevakuasi.

"Menghindari hal tak diinginkan, temuan granat itu langsung kami koordinasikan dengan Satbrimobda. Kami himbau warga sekitar waspada dan segera melapor jika mendapati temuan serupa,"kata Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Maruly Pardede.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.