Sukses

Saat Imlek, Penjinak Bom Disebar Jaga Wihara di Makassar

Setiap personel akan disiagakan di daerah pinggiran tempat ibadah atau lokasi kegiatan umat Buddha saat perayaan Imlek.

Liputan6.com, Makassar - Sejumlah personel Satuan Gegana Brimob Polda Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) disebar membantu pengamanan seluruh tempat ibadah wihara yang akan digunakan dalam perayaan Imlek 2567 atau tahun 2016 Masehi di Makassar.

"Sesuai dengan surat telegram Kapolri seluruh jajaran Polda se-Indonesia termasuk di Sulsel diinstruksikan untuk melakukan pengamanan di hari-hari yang menjadi kalender kamtibmas dan khusus dalam rangka perayaan Imlek salah satunya menjalankan Operasi Liong," ucap Kepala Bidang Humas Polda Sulselbar Kombes Frans Barung Mangera di ruangan kerjanya, Jumat 5 Februari 2016.

Barung menjelaskan, satuan yang akan disiagakan pada perayaan Imlek sesuai dengan perintah Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti pada 3 Februari 2016. Yakni terdiri dari 30 personel Direktorat Intelkam, 30 anggota Direktorat Kriminal Umum, Direktorat Sabhara 1 SSK atau sebanyak 150 personel, Ditlantas 40 personel, Satuan Gegana dan Penjinak Bom Brimob 2 SSK atau 300 anggota.

"Jadi jumlah personel disesuaikan dengan kondisi dan kerentanan masing-masing daerah. Di mana personel akan disiagakan di daerah pinggiran tempat ibadah atau lokasi kegiatan umat Buddha, pengamanan ziarah kubur, dan di beberapa titik ruas jalan untuk mencegah kemacetan serta sarana sarana ekonomi seperti mal, bank, SPBU dan lainnya," terang Barung.

Khusus tugas Penjinak Bom Gegana Brimob Polda Sulselbar, lanjut Barung, difungsikan untuk melakukan sterilisasi lokasi peribadatan untuk perayaan Imlek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini