Sukses

70 Orang Upacara Pengibaran Merah Putih di Dasar Laut Saat HUT RI

Liputan6.com, Makassar - Berbagai cara unik digelar untuk merayakan HUT ke-70 Kemerdekaan RI. Seperti jajaran Polres Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan. Mereka mengagendakan pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut.

‎Kapolres Pangkajene Kepulauan AKBP Moh Hidayat kepada Liputan6.com, Sabtu (8/8/2015) mengatakan, upacara pengibaran bendera di dasar laut dilaksanakan di Perairan Pulau Badi, Desa Mattiro Deceng, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

"Seluruh peserta upacara bendera di bawah laut diikuti 70 peserta, sesuai dengan jumlah usia kemerdekaan RI yang ke-70 tahun. Termasuk di dalamnya ada komandan upacara, pengibar bendera, partisipan, dan kameramen," kata Hidayat.

"Kegiatan tra‎nsplantasi terumbu karang dan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut dilaksanakan pada Senin 17 Agustus 2015 pukul 11.00 Wita," ujar Hidayat.

Teknis pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut, lanjut dia, akan ditentukan sesuai dengan arah arus pada saat hari H. Terutama mengenai arah barisan peserta upacara dan kibaran Bendera Merah Putih.

"Jadi soal teknisnya, mengingat arah arus dasar laut yang belum bisa diprediksi, maka arah barisan peserta upacara dan kibaran Bendera Merah Putih akan ditentukan sesuai dengan arah arus pada saat hari H pelaksanaan, dengan tidak mengubah bentuk dan formasi barisan upacara seperti pada umumnya," ucap Hidayat.

Panitia, tutur dia, telah melakukan berbagai persiapan-persiapan. 3 Hari sebelum pelaksanaan, yakni Jumat 14 Agustus akan dilaksanakan persiapan lokasi untuk peletakan substrat terumbu karang dan tiang bendera di dasar laut pukul 09.00 Wita. Kemudian dilakukan pengikatan terumbu karang pukul 11.00 Wita.

Selanjutnya gladi bersih dilakukan di dasar laut pada Sabtu 15 Agustus pukul 11.00 Wita. Seluruh penyelam sudah menggunakan seragam atau atribut instansi atau klub atau komunitas masing-masing.

"Akan dilakukan pengambilan gambar foto dan video dalam keadaan riil sebagai stock shot pemberitaan," demikian pungkas Hidayat.

Peserta upacara, tutur dia, diikuti oleh jajaran Polres Pangkajene Kepulauan, Kodim 1421 Pangkajene Kepulauan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Popsa Dive Centre, OYE Dive Adventure.

Kemudian Grandpa Diver Community, Selayar Island Resort (SIR), Skubadubidu, Fisheries Diving Club Universitas Hasanuddin, Makassar Diving Spearfishing Team (MDST), Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP, serta jajaran Direktorat Polair Polda Sulsel‎. (Sss/Tnt)