Sukses

Cerita Puasa Ramadhan 2022 WNI Maysaroh dan Rini di Tengah Perang Rusia Ukraina

Walau penuh ketegangan dan kesendirian, warga muslim Indonesia, Maysaroh dan Rini Ambarwati masih bertahan di Ukraina. Mereka tetap menjalankan ibadah suci puasa Ramadhan.

Liputan6.com, Kiev - Kondisi perang Rusia Ukraina dialami sejumlah warga negara Indonesia (WNI) saat Ramadhan 2022. Walau penuh ketegangan dan kesendirian, warga muslim Indonesia, Maysaroh dan Rini Ambarwati masih bertahan di Ukraina.

Mereka tetap menjalankan ibadah suci puasa Ramadhan di tengah invasi Rusia. Keduanya berharap agar selalu dilindungi dan segera tercapai perdamaian.

Berikut ini cerita kedua WNI tersebut, dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (20/4/2022):

Sejak 2017 lalu, Maysaroh asal Indramayu menetap di Ukraina. Ia tinggal bersama suaminya, warga Ukraina dan anaknya yang masih balita di kota Odessa. Tak pernah ia menyangka akan berada di situasi konflik seperti yang terjadi saat ini.

Walau berat, pasca-invasi Rusia, Maysaroh memilih untuk tetap bertahan di Ukraina dan tidak ikut rombongan WNI yang dievakuasi ke. Sesuai dengan peraturan pemerintah, saat ini pria Ukraina berusia 18-60 tahun, termasuk suami Maysaroh, tidak diizinkan ke luar negeri, karena aturan wajib militer.

"Dilema buat saya. Antara pilih pulang, ketemu keluarga, dan ninggalin di sini, suami dan ibu mertua yang udah sepuh, dilema bangetlah. Ada sih sisi cemburu, 'aduh kalau saya ikut evakuasi, saya udah di kampung nih, udah ketemu sanak keluarga nih di kampung'," ujar Maysaroh kepada VOA belum lama ini.

"Tapi ya udahlah konsekuensinya kita tinggal di sini, ya udah harus terima," tambahnya.

Situasi mencekam yang kerap terjadi di luar kota Odessa saat ini selalu membuat Maysaroh merasa ngeri.

Ditambah lagi dua minggu pertama saat baru terjadi invasi Rusia ke Ukraina, Maysaroh sempat syok dan tak berani keluar rumah. Bunyi dentuman yang mengagetkan dan sirine berkali-kali kerap terdengar.

"(Bunyi) bum bum bum, gitu kan dengar nih. Sampai saya sama anak saya juga lihat-lihatan kalau ada (bunyi) bum gitu. Cuman, setelah dua minggu, kita keluar, di jalanan itu aktivitas udah ramai, udah biasa lagi," jelasnya.

Maysaroh beruntung karena hingga saat ini persediaan pangan di pasar dan supermarket tetap tersedia. Namun, ia selalu waspada, khususnya saat berada di luar rumah.

“Dampak dari perang ini ya ngeri-ngeri sedap gitu ya, karena kalau kita jalan tuh ada militer gitu yang berseragam dengan bawa senjata gitu kan. Yang biasanya kita nggak pernah temuin, tapi di perang ini, kita udah biasa temuin,” katanya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramadhan di Tengah Konflik

Sudah sekitar 11 tahun lamanya Maysaroh tidak merasakan suasana syahdu bulan Ramadhan di Indonesia, karena selalu merantau.

 “Jarang sekali saya temukan orang muslim di (Ukraina),” cerita Maysaroh.

Berbeda dengan di Tanah Air, bulan Ramadhan memang hampir selalu ia jalani dengan penuh kesendirian, mengingat mayoritas penduduk Ukraina adalah pemeluk agama Kristen, termasuk keluarga suami Maysaroh yang kerap khawatir melihatnya tidak makan dan minum.

"Aduh, kasihan banget katanya, enggak makan, enggak minum seharian. Eh, bukannya kasihan, malah justru yang dikangeni orang Muslim saya bilang,” cerita Maysaroh.

Menjalankan ibadah bulan Ramadhan serba sendiri juga dirasakan oleh warga Indonesia, Rini Ambarwati asal Malang, Jawa Timur. Hingga kini, Rini masih tinggal dan bertahan di Kota Lviv, Ukraina, bersama suaminya yang adalah warga lokal.

Rini yang sudah menetap di Ukraina sejak tahun 2018 mengaku belum pernah bertemu dengan komunitas muslim di Lviv. Tidak hanya berpuasa sendirian, situasi yang menegangkan di Ukraina membuat Ramadhan kali ini terasa lebih berat. Hatinya tidak tenang dan ia merasa seperti 'ada yang mengganjal.'

"Karena untuk saat ini kita masih belum bisa hidup normal. Belum bisa pergi jauh, maksudnya keluar agak lebih jauh (se)dikit dari rumah itu enggak bisa," ujar Rini Ambarwati kepada VOA belum lama ini.

Kota Lviv dan Odessa sama-sama memiliki masjid, namun Rini dan Maysaroh lebih sering beribadah di rumah masing-masing.

Namun, keduanya berencana pergi ke masjid untuk mengikuti hIdul Fitri.

3 dari 4 halaman

Makanan Halal di Ukraina

Untungnya, di Ukraina Rini dan Maysaroh masih bisa menemukan bahan pangan dan restoran halal. Rini bisa mendapatkan daging halal di supermarket dan makanan halal juga tersedia di banyak restoran di kotanya.

“Di sini karena banyak turis dari Middle East beberapa tahun terakhir ini, dan saya pernah ke sana juga, ya restoran biasa,”" kata Rini.

Supermarket halal yang tak jauh dari rumah Maysaroh menjual beragam rempah, keju, serta berbagai daging halal, seperti ayam, kambing, sapi, kelinci, bebek, dan kalkun.

Namun, Maysaroh mengaku, makanan di Ukraina kurang pas di lidahnya. Ia lebih sering masak makanan rumahan khas Indonesia, termasuk di bulan Ramadhan tahun ini. Terkadang, ia pergi ke supermarket Thailand untuk membeli saus atau bahan pangan yang dapat ia racik sesuai dengan lidah Indonesia.

"Jadi saya berusaha biar enggak terlalu homesick, saya masak apa yang saya bisa ditemukan di sini. Sayur sop, tempe orek, kadang saya kalau bikin tempe kan saya stok tuh tempenya. Jadi kalau kangen bikin tempe goreng, orek tempe, dan suami suka itu," ceritanya.

Yang juga selalu menjadi favorit di antara keluarga dan teman-teman Maysaroh yang berasal Ukraina adalah bakwan goreng, yang selalu ada di setiap acara.

“Bakwan itu udah paling top, go international. Pertama nyobain tuh mereka udah, 'wow' enak banget,' sampai sekarang favorit di (Ukraina),” katanya.

Sebelum terjadi invasi, Rini mengaku masih bersemangat untuk menyiapkan berbagai makanan khas Indonesia seperti rendang atau minuman es campur dan agar-agar untuk berbuka puasa.

Namun, untuk saat ini ia lebih memilih menu yang simpel, mengingat tidak mudah untuk mencari bumbu dan rempah yang biasa dipakai dalam masakan tradisional Indonesia.

“Sambal terasi pakai sayur, tahu, tempet, gitu aja udah nikmat banget kalau di Ukraina ya. Dan itu susah dicari,” tambah Rini.

4 dari 4 halaman

Rindu Kampung Halaman

Rini mengaku sangat rindu menjalankan puasa di Indonesia. Ia masih teringat ketika dibangunkan untuk sahur dan saat menunggu waktu berbuka puasa.

“Karena kalau di (Ukraina) itu nungguin waktu buat berbuka puasa enggak ada rasa-rasa menunggu gitu, enggak ada. Kita cuman dikasih tahu notifikasi lewat HP waktunya berbuka, terus langsung aja makan. Jadi tidak terasa spesial seperti Ramadhan di Indonesia,” ujar Rini.

Satu hal yang sangat dirindukan oleh Maysaroh adalah kedua anaknya yang masih tinggal di Indonesia. Mereka kerap menanyakan kabarnya.

“(Saya) ada anak yang usia 12 tahun ya. Nanya terus, Mama kapan pulang?” cerita Maysaroh.

“Ada pertanyaan-pertanyaan yang bikin saya sedih. Rencananya saya mau bawa dia ke sini, kondisinya lagi kayak gini. Sayang, enggak bisa,” lanjutnya.

Walau khawatir, keluarga Maysaroh terus berharap agar kondisinya aman dan selamat di Ukraina.

“Mereka, yang penting saya selamat, di sini, aman. Yang penting aman, selamat, dan bisa pulang kapan aja. Semoga dilindungilah dari perang ini, semoga cepat berakhir ya,” katanya.

Rini dan Maysaroh juga berharap agar segera tercapai perdamaian.

"Semoga ramadan kali ini bisa membawa berkah dan kedamaian bagi kita semua,” pungkas Rini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.