Sukses

Jenis Minuman Sahur dan Buka Puasa yang Dianjurkan Dokter Gizi

Saat sahur diajurkan untuk meminum minuman yang cukup memberi energi.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berbuka jadi momen yang dinanti-nanti individu yang tengah berpuasa Ramadan. Setelah belasan jam tidak makan dan minum, terbayang berbagai hidangan yang menyegarkan dahaga dan memanjakan lidah.

Namun, Spesialis Gizi Klinik RS Pusat Pertamina dr Diani Adrina, Sp.GK mengingatkan bahwa ketika sahur atau buka puasa jangan mengonsumsi makanan hanya karena ingin, sebaliknya pikirkan makan yang sehat untuk menjaga kesehatan.

"Jangan mengkonsumsi makanan hanya karena kita ingin, tapi pikirkanlah makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan dalam jangka waktu sekarang dan jangka waktu mendatang," tuturnya seperti dikutip dari tanyangan Kanal Youtube Pertamina.

Salah satu contohnya yaitu pilihan minuman yang baik untuk sahur. Diani mengatakan, saat sahur diajurkan untuk meminum minuman yang cukup memberi energi.

"Artinya bila ada penambahan gula itu jumlahnya tidak terlalu banyak, bisa 1 - 2 sendok teh untuk satu gelas," ucapnya.

Selain itu, diusahakan minuman dalam kondisi hangat agar suhunya sama dengan suhu pencernaan kita.

Diani juga menyebut bahwa pilihan minuman yang baik untuk berbuka pada pada prinsipnya serupa dengan pilihan minuman sahur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini