Sukses

Resep Soto Tangkar, Kuliner Khas Betawi untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

Resep Soto Tangkar, Kuliner Khas Betawi untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan Ramadan ini, banyak pilihan makanan untuk sahur maupun buka puasa. Tak hanya menu yang praktis, ada juga beragam pilihan menu makanan yang bahan pembuatannya cukup banyak dan agak lama, tapi sesuai dengan rasanya yang enak dan mengenyangkan. Salah satunya adalah Soto Tangkar.

Kuliner ini termasuk makanan khas Betawi yang banyak disukai. Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih dipergunakan,

Saat itu masyarakat Betawi hanya mampu membeli tangkar berupa potongan iga yang berdaging sedikit, karena bagian daging sapi yang lain sudah diambil oleh penjajah Belanda. Penjual Soto Tangkar saat ini tidak sebanyak Soto Betawi, tap tak perlu khawatir. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut resep Soto Tangkar Sate Daging Sapi kreasi Ibis Styles Hotel Tanah Abang, Jakarta Pusat, dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.  Menu ini merupakan salah satu dari tujuh menu program “Ramadhan Nusantara” dengan sajian “7 Cita Rasa Nusantara” di Ibis Styles Tanah Abang.

Bahan-bahan

Daging Sapi 150 gr,

Nasi putih 100 gr,

Bawang merah 10 gr

Bawang Putih 10 gr

Kemiri dan Kunyit 5 gr 

Cabai Keriting 10 gr

Jintan 1 gr

Ketumbar bubuk 2 gr

Lengkuas 5 gr

Daun Jeruk 2 gr

Gula merah 5 gr

Daun Salam 1 gr

Serai dan Jahe 5 gr

Santan 35 ml

Kayu Manis 2 gr

Garam dan Gula 5 gr

Lada bubuk 2 gr

Minyak 10 gr 

Emping 10 gr

Tomat 10 gr

Daun Bawang 5 gr

Bawang goreng 2 gr

 

Sate Daging Sapi

Daging Sapi 50 gr

Kecap 10 gr

Mentega 15 gr

Saus tiram secukupnya

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Pembuatan

1. Haluskan semua bahan bahan yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe merah dan kemiri menggunakan blender. Setelah semua bahan halus, lalu memarkan sereh, laos dan jahe.

2. Siapkan panci dan minyak, lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan dimemarkan. Tambahkan daging sapi. Tumis hingga harum dan matang.

3. lMasukan kaldu sapi dan santan. Tunggu sampai daging empuk dan kuah sedikit mengental. Masak dengan api yang kecil.

4. Setelah Soto Tangkar matang, dilanjutkan dengan membuat sate daging sapi dengan menggunakan daging sapi, kecap, mentega dan saus tiram. Masak sate dengan dibakar hingga matang

5. Soto Tangkar dan Sate Daging Bakar siap dihidangkan untuk menu sahur maupun buka puasa.

3 dari 3 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.