Sukses

Gopay dan Baznas Targetkan 30 Persen Zakat Diterima Melalui Pembayaran Digital

Gopay dan Baznas menargetkan 30 persen penerimaan zakat diterima melalui pembayaran digital. Gopay juga mensosialisasikan pembayaran zakat melalui fitur GoTagihan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Baznas menargetkan pembayaran zakat melalui layanan digital menyentuh 30 persen dari total penerimaan zakat di Ramadhan 2021 yang besarnya ditaksir mencapai Rp 503 miliar.

Salah satu cara mencapainya dengan bekerja sama dengan layanan pembayaran digital Gopay.

Keduanya pun mengajak masyarakat pengguna internet untuk melakukan pembayaran zakat melalui platform digital.

Untuk itu, Gopay dan Baznas menggelar sosialiasi dengan tema Gerakan Cinta Zakat ke berbagai lapisan masyarakat Indonesia, termasuk edukasi kepada jutaan mitra driver dan merchant yang tergabung di ekosistem Gojek.

"Kami optimistis 30 persen dari Rp 503 miliar target zakat dapat dimaksimalkan melalui kolaborasi dengan berbagai sektor, termasuk Gopay," kata Pimpinan Baznas Rizaludin Kurniawan dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (24/4/2021).

Lebih lanjut Rizaludin mengatakan, dengan kemudahan dan luasnya jangkauan yang dihadirkan oleh Gopay, diharapkan proses penghimpunan zakat dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transaksi Digital Jadi Pilihan Saat Pandemi

Sementara itu, Managing Director Gopay Budi Gandasoebrata mengatakan, transaksi digital terus menjadi pilihan masyarakat di masa pandemi, termasuk untuk beramal.

"Gopay menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat untuk berdonasi secara digital. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna Gopay yang membayarkan zakat melalui fitur GoTagihan di aplikasi Gojek meningkat hampir 3x lipat di tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya," kata Budi.

Dalam lima tahun terakhir, ekosistem donasi Indonesia semakin berkembang. Riset Gopay melaporkan rerata kenaikan nilai per donasi digital sebesar 72 persen selama pandemi.

3 dari 3 halaman

Peningkatan Donasi dengan Gopay

Gopay sendiri mencatat, transaksi donasi meningkat 2,5 kali lipat di tahun 2020, dengan total nilai donasi mencapai Rp 136 miliar.

Pengguna Gopay yang ingin membayar zakat cukup membuka fitur GoTagihan yang terdapat di aplikasi Gojek.

Selanjutnya pengguna bisa memilih menu Zakat dan lembaga tujuan, lalu masukkan jumlah yang ingin dibayarkan.

Selain itu, pengguna Gopay dapat berdonasi tanpa tatap muka lewat QRIS ke lebih dari 400 rumah ibadah dan LAZ yang telah bekerja sama dengan Gopay.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini