Sukses

6 Cara Merawat Hijab Anda agar Awet, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Hijab salah satu bagian penting dari pakaian islami. Bukan hanya selembar kain, hijab juga mewakili kesopanan dan kepercayaan wanita muslim.

Wanita muslim mana pun yang mengenakan hijab, akan terlihat menawan. Namun, hijab yang kotor dan berantakan bisa merusak penampilan.

Oleh karena itu, penting untuk merawat hijab dengan baik untuk memastikan hijab selalu melengkapi penampilan. Tak hanya itu, perlu juga untuk menjaga hijab dalam kondisi terbaiknya.

Hijab yang bersih dan terawat memberikan dampak positif pada kepribadian secara keseluruhan. Berikut enam cara merawat hijab agar tetap baik. Berikut enam cara merawat hijab yang baik yang  dilansir dari laman orissadiary, Selasa (20/4/2021).

1. Pelajari Cara Memakai Hijab

Langkah pertama dalam merawat hijab adalah mempelajari pemakaiannya yang benar. Ketepatan pemakaian hijab akan terhindar dari kesalahan dan komplikasi yang dapat merusak kualitas hijab. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melindungi hijab dari kerusakan.

Anda dapat meminta bantuan dari orang tua mana pun untuk mengajari Anda cara yang benar dalam mengenakan hijab. Anda juga dapat mencoba berbagai cara mengenakan hijab yang tidak hanya sesuai dengan kepribadian Anda tetapi juga dapat mencegah kerusakan pada hijab.

2. Gunakan Jenis Pin yang Tepat

Sementara kebanyakan dari kita berpikir bahwa kita dapat menggunakan segala jenis pin saat mengenakan hijab. Ini sebenarnya tidak benar. Anda harus menggunakan jenis pin yang tepat untuk menjaga hijab dan juga untuk mengurangi kemungkinan kerusakan.

Pastikan untuk selalu menggunakan pin hijab khusus saat membungkus hijab. Pin jilbab khusus ini dengan mudah tersedia di pasaran. Anda juga harus memastikan untuk membeli pin semacam itu dari merek yang dapat diandalkan.

2 dari 4 halaman

3. Bersihkan Noda Secepat Mungkin

Jika Anda ingin menjaga kualitas hijab Anda tetap baru, maka Anda tidak boleh menunda-nunda menghilangkan noda apa pun. Anda harus memastikan untuk menghilangkan noda tersebut sesegera mungkin untuk menghindari meninggalkan bekas permanen pada hijab.

4. Cara Mencuci 

Saat Anda memperhatikan detail dalam mengenakan hijab dengan benar, Anda juga harus berhati-hati dalam mengikuti cara mencuci hijab. Daripada mencucinya di mesin cuci, Anda harus mencoba mencucinya dengan tangan. Selain itu, gunakan deterjen lembut untuk mencegah reaksi keras pada hijab. Anda juga harus menghindari pemutihan hijab karena dapat merusak kualitasnya.

5. Keringkan di Tempat Teduh

Membiarkan hijab Anda mengering secara alami adalah salah satu cara terbaik daripada meletakkannya di pengering. Namun, sebaiknya Anda menggantung hijab di tempat teduh untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari langsung.

Hindari mengeringkan hijab Anda di pengering karena bisa rusak karena panas dan gesekan yang ekstrem. Selain itu, beberapa hijab bisa menyusut jika dikeringkan di mesin pengering.

6. Penyetrikaan yang Benar

Anda harus berhati-hati saat menyetrika hijab karena penyetrikaan yang kasar dapat secara langsung mempengaruhi kilau dan kualitasnya. Gunakan setrika suhu rendah saat digunakan. Anda juga bisa menggunakan steamer untuk menghilangkan kerutan dengan mudah. Namun, yang terbaik adalah memilih hijab yang membutuhkan sedikit penyetrikaan atau tanpa penyetrikaan.

3 dari 4 halaman

6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: