Sukses

6 Minuman yang Bikin Gula Darah Naik Saat Lebaran, Batasi Konsumsinya

Liputan6.com, Jakarta Minuman yang bikin gula darah naik saat lebaran harus dibatasi konsumsinya. Saat lebaran tentunya sirop, minuman bersoda, ataupun minuman-minuman manis lainnya menjadi sajian yang selalu ada. Namun, kebanyakan mengonsumsinya berdampak buruk terhadap kesehatan.

Gula darah naik merupakan salah satu masalah yang kerap kali terjadi saat lebaran. Hal ini tidak terlepas dari konsumsi minuman-minuman manis tersebut. Umumnya di setiap rumah akan menyajikan sirop, minuman bersoda, dan minuman manis lainnya untuk tamunya.

Minuman yang membuat gula darah naik saat lebaran tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan. Kamu harus pandai mengontrol asupan makanan dan minuman selama lebaran. Apalagi, momen lebaran identik dengan kunjungan ke rumah keluarga. Walaupun di rumah saja, kamu juga harus menahan diri untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman-minuman tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/5/2020) tentang minuman yang bikin gula darah naik saat lebaran.

2 dari 7 halaman

Sirop

Sirop mungkin menjadi salah satu minuman wajib saat lebaran. Rasanya tak lengkap menyajikan sajian lebaran tanpa es sirop entah dengan tambahan buah atau tidak. Padahal salah satu minuman yang bikin gula darah naik saat lebaran adalah sirop ini.

Minuman satu ini mengandung karbohidrat dan fruktosa yang berkaitan dengan resistensi insulin, serta dapat menaikkan risiko terjadinya diabetes. Tidak hanya itu, konsumsi sirop yang berlebihan dapat berdampak buruk untuk kesehatan lever kamu.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari minum sirop berlebihan pada saat lebaran. Apalagi saat lebaran, kamu tentunya akan mengonsumsi banyak makanan lainnya yang juga bisa mempengaruhi kesehatan.

3 dari 7 halaman

Minuman Bersoda

Minuman yang bikin gula darah naik saat lebaran berikutnya adalah minuman bersoda. Minuman bersoda ini juga merupakan salah satu minuman yang kerap kali disajikan saat lebaran selain sirop. Kamu juga harus membatasi konsumsinya untuk menjaga kesehatan.

Sulit rasanya menolak ketika disodori minuman bersoda dingin, apalagi jika cuaca panas terik. Namun, minuman bersoda mengandung gula yang tinggi. Saat batas konsumsi gula hanya 6-12 sendok teh gula per hari, sekaleng soda bisa mengandung gula setara 10 sendok teh.

Satu botol atau kaleng minuman bersoda berukuran 300-350 ml, kadar gulanya bisa 25 gram atau lebih. Satu kaleng minuman bersoda saja sudah jadi lampu kuning bagi tubuh, apalagi jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Ini tentu saja dapat menimbulkan obesitas, bahkan diabetes.

4 dari 7 halaman

Jus Buah dengan Gula Tambahan

Jus buah memang memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan, namun syaratnya adalah tidak ditambahkan dengan gula. Faktanya, satu gelas jus buah saja sudah mengandung gula yang cukup untuk mengisi kebutuhan tubuh, apalagi jika ditambahkan dengan gula.

Saat minum jus buah, kamu tak perlu menambahkan gula. Selain kadar gula jadi naik dua kali lipat, ini juga bisa mengakibatkan kadar nutrisi dari buah jadi hilang karena ‘termakan’ oleh pemanis tambahan tersebut.

Contohnya saja saat membuat jus mangga, satu porsinya bisa menyumbangkan 450 kalori. Padahal buah mangga yang sudah dibuat menjadi jus sudah tidak berserat. Akibatnya, seluruh gula yang masuk akan diserap oleh tubuh dan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Karena itulah menambahkan gula ataupun susu kental manis ke jus buah dapat membuat naiknya gula darah. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu.

5 dari 7 halaman

Yoghurt Aneka Rasa

Yoghurt dengan berbagai rasa juga merupakan salah satu minuman yang bikin gula darah naik saat lebaran. Yoghurt dengan berbagai macam rasa, mulai dari buah hingga cokelat, meski terbuat dari susu rendah atau tanpa lemak, juga sarat karbohidrat dan gula. Satu cangkir yoghurt biasanya mengandung 47 gram gula pasir dan hampir seluruh kalorinya berasal dari gula.

6 dari 7 halaman

Kopi Instan

Minuman yang bikin gula darah naik saat lebaran berikutnya adalah kopi instan. Walaupun menjadi pilihan yang yang praktis untuk disajikan, kopi instan dapat memicu kambuhnya kadar gula darah dalam tubuh.

Apalagi minuman ini tidak mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Kopi saset atau kopi instan yang biasa dijual di warung-warung memang berbahaya dari sisi kandungan gulanya. Apalagi jika kamu masih menambahkan gula saat mengonsumsinya.

7 dari 7 halaman

Es Kopi Susu

Selain kopi instan, es kopi susu juga merupakan minuman yang bikin gula darah naik saat lebaran. Bagi penggemar kopi, es kopi susu adalah pilihan nikmat saat mengantuk atau merasa kurang berenergi.

Satu cangkir (240ml) es kopi susu dengan gula mengandung sekitar 9 gram gula atau setara dengan 2 sendok teh. Jumlah ini sudah memenuhi sepertiga batasan konsumsi gula harian. Selain itu, susu yang digunakan bisanya jenis kental manis atau krimer tinggi lemak, yang kandungan gula dan lemak jenuhnya tinggi.

Itulah beberapa minuman yang bikin gula darah naik saat lebaran yang tentunya harus dihindari. Selalu jaga kesehatan saat lebaran dengan mengontrol konsumsi makanan dan minuman.