Sukses

5 Tips agar Berat Badan Tidak Bertambah saat Hari Raya Idul Fitri

Dengan mengikuti tips agar berat badan tidak bertambah saat hari raya Idul Fitri ini, maka Anda dapat menjaga bentuk serta berat badan tetap ideal.

Liputan6.com, Jakarta Tips agar berat badan tidak bertambah saat Hari Raya Idul Fitri hendaknya Anda perhatikan dan pahami. Mengingat saat Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari besar bagi umat Islam sarat akan beragam jenis makanan yang berpotensi menaikkan berat badan.

Tidak jarang orang yang mengeluhkan berat badannya naik setelah Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut bisa disebabkan karena memanfaatkan momen tersebut dengan makan dalam jumlah banyak mengingat sebelumnya telah berpuasa menahan lapar selama 30 hari. Maka agar tidak menyesal di kemudian hari, perlu untuk mengiuti beberapa tips agar berat badan tidak bertambah saat Hari Raya Idul Fitri.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari mempraktikkan tips agar berat badan tidak bertambah saat Hari Raya Idul Fitri tersebut, yang diperlukan tentunya sebuah kedisiplinan. Mengingat tips agar berat badan tidak bertambah saat Hari Raya Idul Fitri ini akan sangat menantang, terutama karena banyaknya makanan lezat yang tersedia saat Idul Fitri tersebut.

Mulai dari makanan ringan seperti kue kering, hingga makanan berat seperti opo ayam tentu sangatlah menggoda. Belum lagi jika jenis makanan tersebut biasanya hanya ditemui hanya saat Hari Raya Idul Fitri saja, tentu akan berpotensi membuat gagal Anda untuk mendaat hasil dari tips agar berat badan tidak bertambah saat Hari Raya Idul Fitri ini.

Namun, apa saja sebenarnya tips agar berat badan tidak bertambah saat Hari Raya Idul Fitri tersebut? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum beberapa tips agar berat badan tidak bertambah saat Hari Raya Idul Fitri yang bisa Anda jadikan pedoman, tentu demi menjaga berat badan ideal Anda, Selasa (5/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Batasi makanan tinggi lemak dan kalori

Pada saat Lebaran, biasanya akan sangat banyak jenis pilihan makanan yang memikit mata dan tentu sangat lezat. Akan tetapi, biasanya makanan tersebut sarat akan kandungan gula dan minyak.

Padahal, gula sendiri memilki kandungan kalori yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan kenaikan pada berat badan. Di sisi lain gula juga dapat meningkatkan risiko diabetes yang berbahaya bagi tubuh,

Sedangkan jenis minyak, merupakan salah satu sumber dari lemak. Dan biasanya, pada makanan yang dihidangkan saat Lebaran, akan sangat banyak makanan berat yang memiliki kandungan lemak yang banyak dan berpotensi dalam menaikkan berat badan.

Tidak hanya lemak saja, namun juga kandungan kolesterol dalam makanan yang mengandung minyak tersebut juga berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu ada baiknya Anda untuk membatasi atau akan lebih baik jika menghindari makanan yang memiliki lemak dan kalori tinggi tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Seperti yang sempat dibahas pada poin sebelumnya, makanan yang biasanya disediakan saat Lebaran sangat banyak memiliki kandungan lemak dan kalori tinggi. Apabila di sekitar Anda ada makanan yang lebih sehat, maka lebih baik jika Anda memilih jenis makanan tersebut.

Contoh mudahnya, apabila ada menu ayam opor, yang perlu diingat adalah kandungan santan pada opor memiliki lemak dan kolesterol yang cukup tinggi. Maka dari itu, Anda lebih baik mengonsumsi daging ayamnya saja.

Selain itu, pasti tidak akan lengkap bukan jika makan hidangan opor ayam tersebut tanpa ditambah sambal goreng? Nah, untuk menghindari kenaikan berat badan tersebut, Anda bisa dengan mengonsumsi hati ayam atau bola daging pada sambal goreng tersebut, tanpa menggunakan kuahnya, karena mengandung minyak yang sangat banyak.

Namun, hal ini akan menjadi salah satu hal yang sulit, karena makanan ini merupakan jenis makanan yang istimewa dan hanya ada saat Lebaran saja. Jadi, Anda harus disiplin dan fokus untuk menjalankan cara pencegah berat badan bertambah saat Idul Fitri ini.

4 dari 6 halaman

3. Kontrol asupan makanan

Sebaik-baiknya Anda mencoba untuk menghindari jenis makanan di atas, namun tetap akan sia-sia jika Anda tidak mengontrol jumlah dari makanan yang Anda konsumsi. Bahkan makanan sehat pun akan menimbulkan kenaikan berat badan jika Anda mengonsumsinya berlebihan.

Ditambah lagi jika Anda mengonsumsi banyak makanan tanpa diimbangi dengan olahraga. Maka, sangatlah mungkin berat badan Anda akan bertambah.

5 dari 6 halaman

4. Minum air putih sebelum makan

Cara ini dapat menunjang Anda dalam menjalankan point sebelumnya, yaitu untuk mengontrol jumlah asupan makanan. Karena, dengan minum air putih sebelum makan akan membantu perut Anda menjadi terasa penuh lebih dahulu.

Selain itu, dengan mengonsumsi air putih juga akan membantu menjaga kesehatan Anda. Maka dari itu, selalu usahakan mengonsumsi air putih yang cukup. Jumlah konsumsinya juga tidak perlu terlalu banyak, agar Anda tidak kembung, cukup 1-2 gelas air putih saja sebelum makan.

6 dari 6 halaman

5. Tetap berolahraga

Libur Hari Raya Idul Fitri bukan berarti Anda juga harus libur dalam menjalankan kegiatan olahraga bukan? Dengan tetap berolahraga, maka Anda akan mampu mengurangi kalori pada tubuh.

Anda dapat melakukan olahraga saat pagi hari bangun tidur saat perut masih kosong, sebelum acara bersilaturahmi dan berkunjung ke sanak saudara berlangsung. Olahraga pagi hari tersebut juga cukup dengan jenis olahraga ringan seperti lari ditempat, push up, sit up, dan berbagai gerakan bodyweight training lainnya.

Jadi, tetap konsisten dan ikut berbagai tips agar berat badan tidak bertambah saat Hari Raya Idul Fitri diatas ya, agar badan Anda senantiasa dalam bentuk yang ideal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini