Sukses

Polres Metro Bekasi Bagikan Nasi Kotak untuk Buka Puasa Sepanjang Ramadan

Dapur umum yang dibangun di sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi diharap mampu mengurangi beban ekonomi warga, termasuk saat bulan suci Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang Ramadan, dapur umum Polres Metro Bekasi menyediakan ratusan nasi kotak untuk berbuka puasa setiap hari kepada warga terdampak virus Corona Covid-19.

"Karena selain berdampak pada aspek kesehatan, pandemi Covid-19 ini juga turut meruntuhkan segi perekonomian masyarakat," ujar Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan di Cikarang, seperti dikutip dari Antara, Senin (4/5/2020).

Hendra berharap, dapur umum yang dibangun di sejumlah wilayah tersebut mampu mengurangi beban ekonomi warga, termasuk juga saat bulan suci Ramadan ini.

"Dari dapur umum ini setiap hari polisi menyiapkan nasi kotak. Di bulan Ramadan ini ratusan nasi kotak ini kita bagi-bagikan ke warga," ucapnya.

Menurut dia, dapur umum merupakan upaya kepolisian menghadirkan jaring pengaman sosial bagi masyarakat sekaligus tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Instruksi Presiden tersebut menjadi penekanan khusus bagi TNI dan Polri yang segera memerintahkan jajarannya masing-masing untuk bahu-membahu membantu kesulitan masyarakat," jelas Hendra.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi Kompol Sunardi mengatakan, lokasi dapur umum, termasuk saat Ramadan ini, tersebar di sejumlah kecamatan dan kepolisian sektor di wilayah hukum Kabupaten Bekasi.

"Kegiatan masak-memasak di dapur umum tersebut dilakukan sepenuhnya oleh para polisi wanita Polres Metro Bekasi. Dapur umum ini didirikan sebagai jaring pengaman sosial agar masyarakat tidak kekurangan makanan," paparnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak PSBB

Menurut Sunardi, pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bekasi membuat sebagian masyarakat mengalami dampak luar biasa.

"Pelaksanaan giat sosial berupa dapur umum ini adalah wujud dari pedulinya Polri terhadap masyarakat. Maka dari itu Polri meminta kepada masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi PSBB ini," tutup Sunardi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.