Sukses

8 Tips Mudik Aman dari Grab

Layaknya sebuah pagelaran akbar, perlu persiapan khusus bagi kamu yang hendak mudik bertemu keluarga mengendarai kendaraan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kamu dan keluarga berencana untuk mudik atau berkumpul di kampung halaman saat Lebaran, tentunya segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang. Hal ini penting agar perjalanan selama mudik berjalan lancar.

Ibarat sebuah perhelatan konser, berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman adalah puncak acara dari perayaan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa saat bulan Ramadan.

Oleh karena itu, layaknya sebuah pagelaran akbar, perlu persiapan khusus bagi kamu yang hendak mudik bertemu keluarga mengendarai kendaraan pribadi.

Berikut beberapa tips dari Grab untuk persiapan perjalanan mudik.

1. Badan harus dalam kondisi sehat

Ini prioritas nomor satu. Jika badan jauh di bawah kondisi kesehatan rata-rata, maka pertimbangkan untuk menunda atau bahkan membatalkan mudik dengan berkendara. Dan ingat, bawa KTP dan Kartu Asuransi/BPJS!

2. Kendaraan harus dalam kondisi sehat

Pastikan untuk servis atau melakukan pengecekan kendaraan sebelum dipakai jalan jarak jauh. Sempatkan waktu untuk mengecek BBM, tekanan angin ban, air radiator, oli mesin, dll.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rencanakan perjalanan dengan Peta Digital

Biar di jalan hemat waktu, cek rutenya di peta digital dulu. Ketahui mana saja yang bisa dilewati dan mana yang patut dihindari. Kalau capek dan mau cari penginapan, ada fitur Hotels ​di Grab app untuk mencari hotel terdekat dan terjangkau!

4. Bawa bekal untuk di jalan

Siapkan persediaan, supaya kamu bisa makan atau nyemil di jalan. Jika tidak sempat, pakai ​GrabFood​ aja, baik di rumah atau stop dulu di jalan, untuk makanan yang enak dan lengkap!

5. Jangan lupa bayar tagihan!

Sebelum berangkat, pastikan tagihan PLN atau pulsa telpon sudah lunas. Kalau lupa, bisa bayar di jalan pakai ​Bills ​atau beli ​Pulsa ​di aplikasi Grab lho. Jangan sampai pulsa habis!

 

3 dari 3 halaman

6. Rest Area jangan hanya dilewati saja

Jangan sepelekan istirahat saat mudik, kamu perlu setidaknya stop 2-3 jam sekali untuk mengisitirahatkan otot-otot di badan, mengisi perut, dan kegiatan relaksasi lainnya. Kalau mau santai, ada fitur ​video streaming Hooq ​di aplikasi Grab untuk nonton film-film atau acara TV nasional live!

7. Bawa barang muatan seperlunya

Hal ini penting demi kestabilan kendaraan kamu, apalagi yang membawa motor. Usahakan agar barang bawaan tidak berlebihan sampai keluar dari sisi-sisi kendaraan. Kalau perlu, kirim barang-barang dulu lewat kurir.

8. Sediakan saldo E-Money

Buat yang melalui jalan tol, jelas memerlukan kartu E-Money dengan saldo yang cukup. Pengendara motor pun juga butuh saat bertransaksi lebih cepat di ​rest area​.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini