Sukses

Demi Kurangi Gadjet Selama Ramadan, Sogi Indra Dhuaja Ajak Anak Naik MRT

Pelawak yang terkenal akibat acara TV Extravaganza ini merasa anaknya lebih mudah takut untuk melakukan aktivitas fisik.

Liputan6.com, Jakarta Komedian Sogi Indra Dhuaja mengatakan bahwa anak-anak zaman sekarang lebih suka bermain gadget dibandingkan aktivitas fisik.

Meski mengakui kemampuan teknologi lebih pintar, tapi untuk fisiknya kurang kuat, bahkan lemah. Hal ini pun dirasakan pelawak Sogi Indra Dhuaja pada kedua anaknya.

"Anak gue enggak pernah main di luar sebanyak gue dulu. Gue ngerasa lebih lincah dan fisiknya kuat, sedangkan anak gue lebih pinter di teknologi," kata Sogi di RPTRA Akasia, Jakarta Selatan, Jumat kemarin.

Pelawak yang terkenal akibat acara TV Extravaganza ini merasa anaknya lebih mudah takut untuk melakukan aktivitas fisik. Bahkan, untuk bermain pun perlu diajak ke luar rumah karena taman bukan lagi tempat yang menarik bagi anak-anak.

"Anak zaman sekarang kalau main keluar rumah harus disengajain. Makanya, ada playpark yang laku walaupun mahal. Harus outing untuk nyari tempat yang bersentuhan dengan alam," ungkap pelawak 41 tahun ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, Sogi membatasi penggunaan gadget pada kedua anaknya. Mereka hanya diperbolehkan memakai gadget tiga sampai empat jam sehari di hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Meskipun awalnya sulit membuat anak-anaknya tidak melihat gadget saat makan, kebiasaan itu justru membuatnya semakin dekat dengan anak.

" Pada akhirnya, gue dan istri ikut nonton Youtuber gaming yang ditonton. Awalnya gue suka nanya, Youtubernya lagi bahas apa. Pas kita enggak nanya, mereka akhirnya cerita sendiri. Jadi plong, mereka enggak tutup-tutupin yang ditonton."

Selain itu, anak-anaknya disibukkan dengan kegiatan sekolah, les kumon dan bermain di lingkungan rumah.

Pelawak asal Bandung ini juga sesekali mengajak anak dan istrinya untuk 'walking tour' ke tempat tertentu untuk meningkatkan aktivitas fisik.

" Kemarin jalan kaki 4 kilometer dari rumah ke Bintaro Exchange dan nyobain naik MRT yang ternyata banyak jalan kakinya. Jadi, anaknya lebih aktif. Tinggal orangtuanya aja, harus kreatif dan rajin mengajak anak untuk aktif," tutupnya. (Cynthia Amanda Male/Dream)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.