Sukses

Konsumsi Menu Buka Puasa Ini Agar Tubuh Cepat Kembali Bugar!

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas buka puasa tak kalah pentingnya dengan sahur. Dengan berbuka puasa, energi yang hilang saat hampir seharian berpuasa dapat tergantikan.

Namun, bukan berarti buka puasa dimanfaatkan untuk 'balas dendam' dengan makan dan minum secara berlebihan. Buka puasa yang berlebihan dapat mengundang penyakit  dan menyebabkan berat badan naik pesat.

Lebih baik, buka puasa secukupnya dengan makanan dan minuman yang bernutrisi. Tubuh pun kembali bugar dan bersemangat menjalani sisa aktivitas.

Yuk, lihat beberapa makanan dan minuman bernutrisi yang direkomendasikan sebagai menu buka puasa berikut.

1. Kurma

Sesuai sunah Rasulullah SAW, dahulukan buka puasa dengan makan kurma dalam jumlah ganjil. Kurma memang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Hal ini berkat kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang ada di dalamnya.

2. Salad

Makanan sehat lain yang bisa Anda coba ialah salad. Meski terlihat ringan, tetapi mengonsumsi salad sayur juga cukup mengenyangkan kok. Terlebih lagi, kalau Anda menambah telur di atasnya. Perpaduan sayur dan protein ini sangat tepat untuk menjaga kesehatan tubuh selama Ramadan.

3. Ikan

Ikan dapat menjadi pilihan tepat untuk lauk pauk. Pada ikan, terdapat kandungan protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2, dan mineral.

Apabila ingin mengonsumsi nasi juga saat makan ikan, sebaiknya pilih nasi merah. Nasi merah mengandung zat besi tinggi, sehingga mampu mengembalikan energi dengan cepat. Selain itu, zat besi juga dapat membantu pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, Anda tak akan lemas meski telah berpuasa lebih dari 12 jam lamanya.

4. Buah-buahan

Makanan yang satu ini juga tak boleh dilewatkan saat berbuka puasa. Pilih buah-buahan yang kaya air untuk mengatasi dehidrasi. Buah yang kaya air itu antara lain semangka, anggur, dan jeruk.

Konsumsi juga buah-buahan yang banyak serat, seperti seperti pisang dan pepaya, agar mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi. Sebagai alternatif, jadikan buah-buahan sebagai topping untuk oatmeal.

5. Herbal

Tak jarang Anda mengalami masuk angin saat berpuasa karena perut kosong. Apabila Anda merasa mual atau pusing saat puasa, segera atasi dengan yang herbal saat buka puasa. Selalu andalkan Tolak Angin yang mengandung bahan herbal dan mampu mengatasi gejala masuk angin.

Selama Ramadan, minum Tolak Angin 2 sachet sehari setelah berbuka dan sahur. Dengan mengonsumsinya secara rutin mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan gejala masuk angin. Jika daya tahan tubuh sudah terjaga, puasa lancar, aktivitas lancar.

Selamat berpuasa!

 

 

(Adv)