Sukses

Kaya Air, Ini 6 Buah Sempurna untuk Buka Puasa

Saat buka puasa, pastikan Anda langsung memenuhi kebutuhan cairan tubuh, salah satunya adalah dengan makan buah yang kaya air.

Liputan6.com, Jakarta Salah masalah yang sering muncul saat berpuasa di bulan Ramadan adalah dehidrasi. Kekurangan cairan pada tubuh bisa berujung pada banyak hal, mulai dari konstipasi sampai sakit kepala. Karenanya, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan harian saat buka puasa.

Setiap harinya, kita disarankan untuk minum 8-10 gelas air. Tentunya hal ini akan sulit dicapai saat puasa, namun bukan berarti tidak mungkin. Selain memastikan minum air putih secara cukup, tambah lagi kebutuhan cairan harian tubuh dengan buah-buahan.

Melansir The Eco Muslim, Senin (21/5/2018), berikut buah-buahan kaya cairan yang bisa menghidrasi tubuh saat buka puasa:

1. Semangka

Sebagian besar kandungan semangka adalah air dan gula. Semangka dilengkapi juga dengan mineral yang bisa menghidrasi tubuh, seperti magnesium, kalsium, sodium , dan potasium. Hal ini membuat semangka lebih efektif menghidrasi tubuh dibanding air.

2. Jeruk

Jeruk yang rasanya asam manis ini bisa memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian tubuh. Delapan puluh tujuh persen kandungan jeruk juga adalah air.

3. Buah beri

Stroberi berada di urutan ke-4 buah-buahan dengan antioksidan tertinggi, dan terbuat dari 92 persen air. Raspberri dan bluberi juga tak kalah bagusnya.

Semua buah-buahan beri ini kaya akan vitamin C yang bisa membersihkan arteri, meregulasi gula darah, dan memiliki rasa yang segar. Pas untuk menu buka puasa

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Anggur

Anggur kaya akan resveratrol, senyawa antioksidan yang baik bagi jantung. Baik anggur hijau, merah, atau hitam, semuanya kaya air yang bisa segera menghidrasi tubuh.

5. Air kelapa

Air kelapa, yang didapat dari kelapa hijau yang masih muda, memiliki sodium dan karbohidrat yang rendah. Mereka juga menggantikan ion tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

6. Mangga

Mangga memang mengandung 135 kalori dari satu buahnya, namun dia juga menjanjikan banyak nutrisi dan manfaat. Kaya akan vitamin A, B6, dan C, mangga juga kaya akan serat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.