Sukses

Kaya Nutrisi, 5 Buah-Buahan Ini Bisa Gantikan Suplemen Harian Anda

Buah-buahan yang bisa dikonsumsi di bawah ini, bisa menggantikan suplemen yang kamu konsumsi sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, mengonsumsi suplemen memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Terlebih jika Anda memiliki aktivitas yang cukup padat dan kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Memang, suplemen mungkin bisa menjadi solusi jitu untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi harian Anda. Namun, para ahli mengatakan bahwa jika memungkinkan, yang terbaik adalah mendapatkan nutrisi dari makanan Anda, yang sebagian besar mencakup buah-buahan.

“Vitamin dan mineral paling kuat bila diperoleh dari makanan,” jelas Harvard Health Publishing seperti yang kami lansir dari Best Life, Kamis (21/3/2024). “Dalam makanan, mereka disertai dengan banyak nutrisi bermanfaat lainnya, termasuk ratusan karotenoid, flavonoid, mineral, dan antioksidan yang tidak ditemukan di sebagian besar suplemen.”

Tidak hanya bisa memberikan nutrisi yang lebih lengkap, dengan mengonsumsi beraneka ragam buah dan sayur segar dengan berbagai warna juga dapat membantu melindungi diri Anda dari berbagai penyakit kronis. Sebagai contoh diabetes tipe 2, penyakit jantung, serta kanker. 

Dokter Anda dapat membantu Anda menentukan apakah Anda kekurangan satu vitamin atau mineral. Dari sana, Anda dapat berupaya mengisi kembali simpanan Anda dengan menemukan makanan terbaik untuk Anda.

Ingin tahu buah mana yang bekerja sama baiknya—jika tidak lebih baik—dibandingkan suplemen? Ini adalah buah-buahan kaya nutrisi untuk dimakan jika Anda ingin mencegah penyakit dan memaksimalkan nutrisi total Anda, tanpa memerlukan suplemen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kalium: Pisang dan Aprikot

Peran kalium dalam tubuh adalah untuk memastikan bahwa sel memiliki jumlah cairan yang normal di dalamnya. Akan tetapi, banyak orang dengan kadar kalium rendah tidak merasakan gejala apa pun. Namun pada sebagian orang akan mengalami ketidakseimbangan elektrolit, fluktuasi tekanan darah, kelemahan otot, kram otot, dan aritmia jantung.

Jika Anda kekurangan jumlah potasium harian yang disarankan—3.400 mg untuk pria dan 2.600 mg untuk wanita—pisang adalah pilihan populer untuk mengembalikan kesehatan. Alasannya karena pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 mg mineral.

Namun, para ahli mengatakan ada buah lain yang memiliki kandungan potasium lebih tinggi. Misalnya, setengah cangkir aprikot kering mengandung 755 mg potasium, sehingga semakin mendekati tujuan Anda.

3 dari 5 halaman

Zat Besi: Aprikot dan Kismis

Tubuh Anda membutuhkan kadar zat besi yang cukup agar sel darah merah Anda dapat bekerja dengan baik. Jadi tidak mengherankan bila banyak orang mengonsumsi suplemen zat besi untuk memastikan mereka menyelesaikan tugasnya. Bahkan, tidak jarang kita menjumpai suplemen zat besi yang mengandung 65 mg zat besi atau lebih.

Namun, suplemen dosis tinggi ini jauh melebihi jumlah zat besi harian yang direkomendasikan. Di mana 8 mg untuk pria dan 18 mg untuk wanita. Dengan meningkatkan kadar zat besi total di atas 20 mg, Anda juga meningkatkan risiko sembelit, sakit perut, sakit maag, dan banyak lagi.

Jika dokter telah memastikan bahwa kadar zat besi Anda rendah, mengonsumsi sumber zat besi seperti daging dan ikan dapat membantu Anda meningkatkan jumlah zat besi tersebut.

Namun, pakar dari Harvard Health menyarankan bahwa sumber mineral nabati seperti aprikot kering dan kismis juga dapat membantu Anda mencapai kuota harian tanpa menaikkan kadarnya terlalu tinggi.

4 dari 5 halaman

Vitamin C: Buah Jeruk, Kiwi, Mangga, dan Beri

Vitamin C sangat penting untuk membantu tubuh Anda tumbuh dan memperbaiki dirinya sendiri melalui fungsi kekebalan. Para ahli mengatakan Anda bisa dengan mudah mendapatkan semua vitamin C yang Anda butuhkan dengan mengonsumsi buah jeruk, kiwi, mangga, dan beri.

Salah satu manfaat utama mengonsumsi vitamin C melalui makanan Anda dibandingkan suplemen adalah kecil kemungkinannya Anda mengonsumsinya terlalu banyak. Sebab, jumlah harian yang disarankan adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Namun, banyak suplemen dosis tinggi yang mengandung 1.000 mg per pil, membuat Anda lebih mungkin mengalami efek samping. Informasi dari Mayo Clinic, ini bisa termasuk mual, muntah, diare, mulas, kram perut atau kembung, kelelahan dan kantuk, sakit kepala, atau kulit memerah.

5 dari 5 halaman

Vitamin A: Melon

Vitamin A, juga dikenal sebagai retinol atau asam retinoat, adalah nutrisi yang membantu penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, dan fungsi kekebalan tubuh. Pakar dari Harvard merekomendasikan melon sebagai sumber vitamin A yang baik, dengan 3.382 IU vitamin A per 100 gram porsi.

“Sebagai suplemen oral, vitamin A terutama bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki pola makan yang buruk atau terbatas atau yang memiliki kondisi yang meningkatkan kebutuhan vitamin A, seperti penyakit pankreas, penyakit mata, atau campak,” jelas Mayo Clinic.

"Jika Anda mengonsumsi vitamin A karena sifat antioksidannya, perlu diingat bahwa suplemen tersebut mungkin tidak menawarkan manfaat yang sama seperti antioksidan alami dalam makanan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.