Sukses

Jadi Tuan Rumah Acara Bukber, Wajib Persiapkan 9 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Saat bulan Ramadhan, undangan acara buka bersama atau bukber semakin meningkat. Tidak heran, banyak kafe dan restoran selalu penuh dengan booking acara bukber selama ramadhan. Tidak jarang juga, banyak yang akhirnya memilih untuk mengadakan buka bersama di salah satu rumah anggota acara bukber.

Buat kamu yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah, berikut beberapa tips agar acara buka bersama di rumahmu terlaksana dengan sempurna.

2 dari 6 halaman

1. Menata Ulang Dekorasi Rumah

Saat kamu mengajukan diri sebagai tuan rumah acara buka bersama, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menata ulang dekorasi rumah. Apabila sebelumnya dekorasi rumahmu padat, menjelang acara bukber nanti, sebaiknya kamu menggeser tata ruang di rumahmu agar memberikan ruang lebih luas agar bisa menampung lebih banyak tamu.

2. Memasang Karpet

Sebanyak apapun tamu undangan untuk acara bukber, sebaiknya kamu memasang karpet di ruangan tengah yang sudah kamu persiapkan. Dengan memasang karpet, kamu bisa mendapatkan kapasitas tamu lebih banyak dibandingkan dengan memasang kursi di seisi rumah.

3 dari 6 halaman

3. Pastikan Memiliki Perlengkapan Makan yang Cukup

Saat kamu menjadi tuan rumah untuk acara bukber, pastikan kamu memiliki perlengkapan makan yang cukup, mulai dari piring, sendok dan juga garpu. Namun, jika kamu tidak memiliki jumlah yang cukup, sebagai pengganti, kamu bisa menyiasati dengan makan bersama di atas daun pisang untuk berbagai menu utama. Jadi, kamu hanya menyiapkan makanan pembuka, berbagai minuman dan juga camilan di perlengkapan makan.

4. Gunakan Gelas Plastik

Membersihkan semua perlengkapan makan dan seisi rumah menjadi kegiatan wajib setelah acara bukber selesai. Jika kamu tidak memiliki asisten rumah tangga, kamu bisa menyiasati untuk mengurangi cucian piring dengan menggunakan gelas plastik sekali pakai untuk minuman. Sedangkan, untuk makanannya, kamu bisa menyiasati dengan menggunakan makan lesehan beralas daun pisang.

4 dari 6 halaman

5. Bersihkan Kamar Mandi

Bukan hanya ruang tamu dan ruang makan saja yang akan dimampiri oleh para tamu. Tapi, kamar mandi juga pasti akan menjadi tempat orang berlalu lalang, apalagi untuk mengambil air wudhu untuk sholat. Untuk itu, usahakan agar kamar mandi dalam kondisi rapih dan bersih untuk menyambut tamu nanti.

6. Siapkan Ruangan Untuk Sholat

Jika rumahmu jauh dari mushola atau masjid, usahakan untuk mempersiapkan tempat sholat bagi para tamu undangan. Biasanya saat acara bukber, orang lebih suka untuk melaksanakan ibadah sholat Magrib terlebih dahulu sebelum menyantap makan malam. Dengan begitu, para tamu undangan bisa bebas melaksanakan ibadah tanpa repot mencari tempat.

5 dari 6 halaman

7. Pilih Menu Praktis

Saat berbuka puasa, orang-orang cenderung menyantap makanan regular yang sering ditemukan sehari-hari. Daripada menyediakan hidangan kari, atau makanan bersantan, menu ikan bakar, tekwan, sup dan soto pasti akan lebih menarik untuk para tamu. Selain lebih diminati, menu-menu tersebut lebih mudah dan praktis untuk dibuat.

8. Gunakan Teknik Potluck

Agar kamu tidak kerepotan sendirian, kamu bisa menggunakan teknik potluck, yaitu meminta setiap tamu untuk membawa makanan masing-masing. Misalnya, ada yang bawa nasi putih, ada yang membawa minuman, takjil bahkan membawa lauk pauk. Jadi, sebagai tuan rumah kamu hanya perlu mempersiapkan tempat dan camilan kecil saja. Biasanya teknik ini lebih sering digunakan untuk acara bukber anak sekolah dengan teman-temannya.

6 dari 6 halaman

9. Pikirkan Tempat Parkir untuk Tamu

Masalahan yang sering terjadi saat mengadakan acara di rumah dengan mengundang banyak orang adalah kesulitan lahan parkir. Untuk kamu yang mengundang cukup banyak tamu, terlebih jika mereka banyak membawa kendaraan sendiri, usahakan terlebih dulu meminta izin dengan RT setempat untuk menjadikan lapangan dekat rumah, atau bahkan di pinggir jalan sebagai tempat parkir para tamu.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ngabuburit hingga Tarawih, 6 Momen Ramadan Paling Dirindukan
Artikel Selanjutnya
Waspada, 4 Tanda Psikopat Ini Mungkin Ada pada Temanmu