Sukses

Es Krim Pot Ikut Dijajakan di Stan Berbuka Masjid Jogokaryan

Di sepanjang Jalan Jogokaryan ada 300 stand yang menawarkan menu berbuka puasa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Masuknya bulan Ramadan membawa berkah bagi umat Islam, khususnya di area yang berdekatan dengan masjid. Seperti yang terlihat tidak jauh dari area Masjid Jogokaryan, di Jalan Jogokaryan Mantrijeron, Yogyakarta.

Di sepanjang jalan ini, tampak sekitar 300 stan berjejer menawarkan menu berbuka puasa. Hal yang unik, dari ratusan jejeran stan, terdapat 4 lokasi penjual es krim pot yang sedang tren saat ini.

Enggar Haryo Panggalih, Sekretaris Panitia Kampung Ramadan Masjid Jogokaryan mengatakan, bulan ini panitia menerima 300 pedagang yang menjajakan berbagai menu makanan dan minuman untuk buka puasa. Selain panganan, Kampung Ramadan di Jogokaryan juga menyediakan berbagai stan aksesoris.

"Dari kami, Kampung Ramadan ini yang ke-11. Tahun ini kami mengakomodir 250-300 penjual. Lengkap di sini ada makanan buka takjil es krim ada juga stand aksesoris," ujar Enggar kepada Liputan6.com.

Selain pasar Ramadan, di Masjid Jogokaryan ikut berlangsung berbagai acara. Di antaranya dongeng khusus anak yang digelar di depan masjid menjelang buka puasa, setiap hari Kamis. Selain itu, setiap harinya masjid menyediakan 1.000 porsi takjil gratis bagi jemaah yang buka di Masjid Jogokaryan. 

Keberadaan pasar ini, menghasilkan uang tak sedikit. Omzet pasar Ramadan Jogokaryan setiap harinya mencapai Rp 50 juta.

"Per hari bisa Rp 300 - Rp 500 ribu omzetnya, jadi dari 300 pedagang ya adalah perputaran Rp 50 juta per hari. Setiap hari kita ada infak yang diberikan pedagang juga," ujar Eggar. (Fathi/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini