Sukses

SBY Harap Prabowo dan Jokowi Bisa Bertemu

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengimbau kepada calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto agar bertemu dengan calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi. Dia menilai pertemuan tersebut punya tujuan yang baik.

"Akan sangat baik dan mulia jika saatnya nanti Prabowo bisa bertemu Jokowi secara langsung. Pertemuan antara dua tokoh nasional yang keduanya punya pendukung dan konstituen yang besar. Keduanya punya cita-cita yang baik," kata SBY melalui rekaman video yang ditonton langsung oleh Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono di kediamannya, Senin (27/5/2019).

SBY menilai, pertemuan tersebut tidak harus disepakati apa-apa. Dia yakin, Jokowi juga akan menghormati jalan konstitusional Prabowo.

"Jika dalam waktu dekat belum memungkinkan, tidak berarti tidak ada hari esok yang lebih indah," kata SBY.

Dia juga berharap, pertemuan tersebut dilakukan secara terbuka. Tidak dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

"Akan baik dan mendidik jika pertemuan tersebut dibuka di hadapan publik. Tak perlu bersembunyi dan lewat pintu belakang. karena bisa menimbulkan fitnah, padahal maksudnya baik sifatnya," kata SBY.

2 dari 3 halaman

Bola Ada di Prabowo?

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, capres petahana Joko Widodo atau Jokowi siap kapan saja bertemu dengan rivalnya, Prabowo Subianto. Luhut mengatakan, 'bola panas' pertemuan itu ada di tangan Prabowo.

"Kalau Pak Jokowi kan sudah beri tahu kepada siapa saja beliau siap bertemu, engga ada masalah. Ya bolanya ada di sana (Prabowo) sih," ujar Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/5/2019).

Ketua Dewan Pembina Relawan Pendukung Jokowi-Ma'ruf, Bravo 5 itu juga memastikan, rencana pertemuan dua elite politik ini tak mandek. Luhut menuturkan, saat ini komunikasi masih berjalan untuk menentukan waktu pertemuan Jokowi-Prabowo pasca Pilpres 2019.

"Kan sudah ada komunikasi, Pak (Wapres) Jusuf Kalla sudah jalan," ucapnya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Menlu: Sudah 40 Negara Ucapkan Selamat ke Jokowi
Artikel Selanjutnya
Menteri Ekonomi di Kabinet Baru Jokowi Jangan Orang Partai