Sukses

AHY Sebut SBY Sudah Ucapkan Selamat ke Jokowi Melalui Telepon

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengucapkan selamat kepada Jokowi, usai pengumuman pemenang Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal ini dikatakan oleh Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (22/5/2019) pagi.

AHY mengaku juga mengucapkan selamat kepada Jokowi atas kemenangannya dalam Pilpres berdasarkan hasil rekapitulasi KPU.

"Di kesempatan yang baik, tadi saya mengucapkan selamat pada Presiden Jokowi atas kemenangan hasil rekapitulasi KPU 21 Mei lalu. Ini juga telah disampaikan langsung Pak SBY tadi malam melalui telepon dan ada video statement," kata AHY.

Menurut dia, SBY berharap agar pemerintah dapat menangani situasi pasca pengumuman hasil rekapitulasi KPU. AHY mengatakan SBY sebagai Presiden dua periode memiliki sejumlah pengalaman di bidang politik, hukum, dan keamanan dalam menghadapi situasi akhir-akhir ini.

"Harus dihadirkan solusi-solusi atau pendekatan yang tepat. Artinya tersedia ruang dialog dan komunikasi. Solusi politik hukum dan tersedia pendekatan keamanan," jelasnya.

Pertemuan Jokowi dengan AHY berlangsung usai KPU mengumumkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional untuk pemilihan presiden dan legislatif dalam Pemilu 2019.

 

2 dari 3 halaman

Pertemuan 2 Mei

Sebelumnya, pada 2 Mei lalu AHY sempat bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan keduanya saat itu berlangsung tertutup.

Selama pertemuan, Jokowi menyuguhkan teh manis kepada mantan Komandan Kompi (Danki) di Yonif Linud 305/Tengkorak itu. Usai pertemuan, AHY mengaku menyampaikan salam hormat dari sang ayah dan ibunya untuk Jokowi.

"Iya saya menyampaikan salam hormat dari Pak SBY dan Ibu Ani. Tadi pagi saya sempat berkomunikasi, yang intinya adalah saya sampaikan salam hormat pada Pak Presiden," kata AHY.

AHY juga mengaku membahas kondisi politik pasca-Pemilu 2019 dengan capres petahana itu. Baik Jokowi maupun AHY berharap agar semua pihak bersikap tenang dan sabar menunggu hasil perhitungan resmi Pilpres dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Imam Nahrawi: Saya Serahkan Sepenuhnya kepada Presiden Mengangkat Plt
Artikel Selanjutnya
Imam Nahrawi Tersangka, Jokowi Hormati KPK hingga Pertimbangkan Cari Pengganti