Sukses

Ulama NU se-Jakarta Pusat Deklarasi Dukungan, Ma'ruf Pesan Jaga Keutuhan

Deklarasi dilakukan di kediaman Ma'ruf Amin, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Ulama dan warga Nahdlatul Ulama se-Jakarta Pusat mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Mereka menyatakan ikrar dukungan di hadapan Ma'ruf Amin di kediamannya Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).

Mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama itu mengatakan pesan yang ingin disampaikan adalah menjaga keutuhan NKRI. Itu adalah salah satu tugas warga NU.

"Karena itu kita harus menjaga dari upaya-upaya yang ingin merusak, membelokkan, memecah belah karena itu kita harus menjaga keutuhan bangsa ini," kata Ma'ruf.

Menurutnya tanpa keutuhan, negara tak bisa terlindungi. Itu menjadi tugas masyarakat serta ulama untuk menjaga agar Indonesia menjadi negara yang dirahmati.

"Juga kita sebagai kaum masyarakat ulama menjaga agama. Supaya agama itu tidak dinodai, tidak disalahtafsirkan," kata dia.

Uniknya deklarasi ini diawali dengan salat subuh, dan dilanjutkan dengan zikir. Ma'ruf sempat berceramah singkat dengan tema menjaga keutuhan dan menjelaskan bagaimana sistem khilafah itu tertolak karena tak disepakati.

Sementara itu, Ketua PCNU Jakarta Pusat Ahmad Katsir mengatakan, bakal berusaha memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Jakarta Pusat. Dia menargetkan dengan suara 60 persen.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikrar Deklarasi

Dengan membacakan bismillah, Ahmad membacakan ikrar deklarasi:

Atas berkat rahmat yang maha kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur untuk hijrah menuju Indonesia maju, kami alim ulama dan keluarga besar nahdatul ulama se-Jakarta Pusat dengan ini berikrar:

1. Berhidmat menjaga keutuhan negara republik Indonesia dari potensi ancaman laten baik dari dalam maupun luar

2. Berpartisipsi aktif mengamankan pemilu 2019 dengan jujur dan adil berdasarkan pancasila dan UUD 1945

3. Berperan aktif memelihara kebhinekatunggalikaan di masyarakat, berpijak pada semangat ukhuwah ismaliyah ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah basyariah

4. Mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang visioner, berintegritas berakhlakul karimah, demi masa depan bangsa yang berdaulat dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

5. Menyatakan dukungan total kepada pasangan capres dan cawapres nomor 1 Joko widodo - Prof. Dr. Ma'ruf Amin dan mengajak seluruh elemen masyarakat memilih pasangan terbaik, sinergi umaro dan ulama pada hari pencoblosan. Bela ulama, dukung ulama, pilih ulama, bersama nomor 1 Indonesia maju.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.