Sukses

Ketum PAN Minta PKS Tak Paksa Prabowo Pilih Cawapres

Ketum PAN Zulkifli Hasan menyarankan, lebih baik Prabowo memilih sendiri cawapresnya tanpa intervensi dari pihak mana pun, termasuk partai pendukungnya.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mendorong nama ketua majelis syuronya, Salim Segaf Al-Jufri, sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto. Namun, langkah ini tampaknya belum diterima semua partai yang berkoalisi dengan Prabowo.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengingatkan agar PKS tidak memaksa Prabowo memilih kadernya sebagai cawapres.

"Kita jangan kukuh-kukuhan, capres itu bakal memilih pendamping pada akhirnya capres yang tentukan," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Zulkifli menyarankan, lebih baik Prabowo sebagai calon presiden memilih sendiri cawapresnya tanpa intervensi dari pihak mana pun, termasuk partai pendukungnya.

"Tadi, kan, cawapres akan terserah pada capresnya, capres yang mana saja," tegasnya.

Sebelumnya, Prabowo bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman di markas DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin, 30 Juli 2018. Sohibul mengaku berpegang pada paket capres-cawapres yang direkomendasikan Ijtima Ulama dan tokoh nasional. Namun, PKS akan menerima segala keputusan yang ditetapkan partai koalisi. "Kami menerima rekomendasi itu, sekali pun bukan paket itu, kami terima. Nanti kami komunikasi ke Majelis Syuro," tegas Sohibul.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Nama dari Kalangan Religius

Hanya saja, Sohibul tetap berharap rekomendasi Ijtima Ulama dan tokoh nasional diperhatikan. Sebab, rekomendasi itu dianggap sama dengan suara masyarakat. Mereka mewakili pengikutnya masing-masing.

Ijtima Ulama dan tokoh nasional sebelumnya merekomendasikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pilpres 2019. Sedangkan untuk cawapresnya, direkomendasikan dua nama dari kalangan religius.

Dua nama yang direkomendasikan adalah Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri dan Ustaz Abdul Somad.

Prabowo tidak menampik membahas dua paket yang direkomendasikan Ijtima Ulama dan tokoh nasional. Namun dia menegaskan, rekomendasi itu sebagai masukan. Keputusan akhir tetap sesuai mekanisme koalisi partai politik.

Reporter: Renald Ghiffari

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.