Sukses

3 Bakal Paslon Pilkada Tangsel Lolos Tes Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyatakan, tiga bakal pasangan calon Pilkada 2020 memenuhi semua syarat pemeriksaan setelah menjalani tes kesehatan dan narkotika. Ketiganya dipastikan lolos mengikuti tahapan pilkada selanjutnya.

"Pemeriksaan kesehatan semua (tiga bapaslon) memenuhi syarat jasmani, rohani dan narkoba," tutur komisioner Divisi Teknis KPU Tangsel Mudjahid Zein, usai menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada masing-masing LO Bapaslon, di kantor KPU setempat, Senin (14/9/2020).

Dia mengatakan, dalam pemeriksaan kesehatan Bapaslon, tim medis dari rumah sakit hanya memvonis pasangan calon tersebut memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat.

"Vonis dari tim kesehatan memenuhi syarat atau tidak, kalau tidak memenuhi syarat bisa dilakukan penggantian calon," katanya.

Sebelumnya, tiga bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangsel, Muhamad-Rahayu Saraswati, Siti Nur Azizah-Ruhamaben dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang, pada Selasa dan Rabu 8-9 September 2020. 

 

2 dari 3 halaman

30 Dokter Terlibat dalam Tes Kesehatan 3 Bakal Paslon Pilkada Tangsel

Sebanyak 30 dokter dikerahkan dalam tes kesehatan tiga pasang bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan (Tangsel), di RSUD Kabupaten Tangerang, Selasa (8/9/2020).

"Total 30 dokter yang terlibat. Karena pemeriksaan kesehatannya sangat lengkap," ujar Ketua Tim Dokter RSUD Kabupaten Tangerang dr Edison YP Saragih.

Untuk Selasa, pemeriksaan akan berlangsung untuk kesehatan bagian penyakit dalam, ortopedi atau tulang, urologi, THT atau telinga hidung tenggorokan, paru, jantung, hingga bedah secara umum.

"Hampir semuanya lengkap, baik pemeriksaan utama atau fisiknya maupun pemeriksaan penunjang," ujar dr Edison.

Lantaran lengkapnya tes kesehatan fisik atau jasmani bakal paslon Pilkada Tangsel ini, tim dokter RSUD Kabupaten Tangerang memprediksi, waktu yang akan ditempuh bisa seharian. Mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Kemudian, keesokan harinya, ketiga bakal paslon Pilkada Tangsel ini akan menjalani pemeriksaan psikologi dan bebas narkotika. "Besok masih di sini juga, dimulai sama dari pagi," kata dr Edison.

Direktur RSUD Kabupaten Tangerang dr Naniek menambahkan, pada Rabu 9 September 2020, akan ada sembilan psikolog yang terlibat dalam tes kejiwaan tiga pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Tangsel.

"Besok itu giliran psikolog yang akan memeriksa. Kita libatkan 6 sampai 9 psikolog," ujar dr Naniek.

Setelah itu, tiga bakal pasangan calon ini dites untuk mengetahui apakah mereka bebas dari narkotika atau tidak.

"Kalau untuk swab untuk bebas Covid-19, itu sudah mereka lakukan di awal. Infonya pada saat pendaftaran Pilkada, mereka ke sini sudah bawa hasil tesnya dan itu masih berlaku," ungkap dr Naniek.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: