Sukses

Partai Nonparlemen di Solo Ramai-Ramai Dukung Gibran

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Pilkada Solo, Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa (Gibran-Teguh) panen dukungan. Baik dari partai yang memiliki kursi di parlemen, maupun partai nonparlemen.

Hampir semua partai yang memiliki parlemen telah mengutarakan dukungannya, kecuali PKS. Partai tersebut adalah PAN, PSI, Partai Golkar, Gerindra dan PDIP sebagai pengusung. Sedangkan partai nonparlemen yang menyatakan dukungannya adalah Partai Demokrat, PKB, PPP dan Nasdem.

Ketua DPD Partai Nasdem Solo, Pardiman mengatakan, meskipun partainya tak memiliki kursi di parlemen, namun partainya yakin bisa menyumbangkan 16.000 suara untuk putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

"Meskipun tidak punya kursi di DPRD, kami siap menyumbangkan 16.000 suara untuk pasangan Gibran-Teguh," ujar Pardiman, Jumat (24/7/2020).

Menurutnya, dukungan kepada Gibran-Teguh tersebut sudah menjadi garis lurus partai dari DPP Partai Nasdem. Disinggung potensi Gibran-Teguh melawan kotak kosong, ia tidak mau berandai-andai.

"Dinamika politik Pilkada Solo penuh kejutan, kita lihat saja nanti," ucapnya.

Terpisah, Ketua DPC Demokrat Solo, Supriyanto menyampaikan, pihaknya sejak awal sudah mendukung pengusaha kuliner tersebut untuk maju dalam Pilkada Solo 2020. Pihaknya masih menunggu surat keputusan resmi dari DPP Demokrat terkait dukungan tersebut.

"Mas Gibran dan pak Teguh sudah resmi mendapatkan rekomendasi. Kami tinggal memberikan dukungan resmi secara administrasi dari DPP Demokrat," terangnya.

2 dari 3 halaman

Berharap Bajo Lolos Verfak

Kendati mendukung Gibran-Teguh, ia berharap pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) yang maju dari jalur independen lolos tahapan verifikasi faktual (verfak) di KPU Solo. Sehingga pemilihan Wali Kota Solo tidak terjadi calon tunggal.

"Saya kira peluang lolos pasangan Bajo ada. Kita tunggu saja nanti hasil vervak KPU," tandasnya.

Ketua DPC PKB Solo, Muhamad Rofik menambahkan, partainya menargetkan 15.000 suara bagi pasangan Gibran-Teguh.

"Kehadiran sosok muda di era digital saat ini menjadi fenomena menarik. Saya optimis dengan semangat anak muda dan kemampuan Gibran akan menjadikan Solo lebih maju," pungkas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: