Sukses

Manfaatkan Teknologi, Sumbar Command Center Bantu Pantau Pilkada Serentak 2020

Teknologi untuk konferensi video dengan kabupaten atau kota itu untuk pantau Pilkada Serentak baru bisa dibangun pada 2020 ini lantaran butuh anggaran cukup besar.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) memanfaatkan teknologi untuk memantau dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di daerahnya.

"Pusat informasi berbasis teknologi itu namanya Sumbar Command Center. Salah satu fungsinya konferensi video dengan kabupaten atau kota. Kita maksimalkan untuk pengawasan Pilkada 2020," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai meresmikan Sumbar Command Center di Padang, seperti dilansir Antara, Selasa (11/2/2020).

Irwan menjelaskan, teknologi untuk konferensi video dengan kabupaten atau kota itu baru bisa dibangun pada 2020 ini lantaran butuh anggaran yang cukup besar, tidak hanya di provinsi, tetapi juga di kabupaten dan kota.

"Tidak semua kabupaten dan kota punya dukungan anggaran memadai karena itu baru terealisasi saat ini," papar dia.

Uji coba sekaligus peluncuran Sumbar Commad Center tersebut dilakukan konferensi video dengan empat kabupaten dan kota, yaitu Kota Bukitinggi, Kota Solok, Kabupaten Dharmasraya, dan Kabupaten Solok.

Empat daerah tersebut melaporkan kesiapan untuk melaksanakan Pilkada Serentak 2020, termasuk dukungan anggaran untuk pelaksanaan dan pengamanan.

Sambungan jaringan konferensi video, terutama audio masih belum maksimal, meski sudah bisa digunakan dan dimanfaatkan. Hanya hubungan dengan Kabupaten Solok yang gagal terhubung karena kualitas jaringan belum maksimal.

"Sejumlah kekurangan ini akan diperbaiki. Ini kan baru pertama digunakan," kata Irwan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Lakukan Penyempurnaan

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sumbar Yeflin Luandri mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penyempurnaan terhadap teknologi dan jaringan yang digunakan pada Sumbar Command Center.

"Kita terus perbaiki agar bisa dimanfaatkan secara maksimal," ucap Yeflin.

Selain untuk konferensi video, Sumbar Command Center juga merupakan penyimpanan data yang sangat besar bagi Sumbar.

Semua data berkaitan kinerja hingga laporan keuangan tersimpan di sana dan bisa diakses secara real time.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.