Sukses

40 Negara Pantau Pencoblosan Kotak Kosong di Pilkada Tangerang

Salah satu TPS yang dikunjungi yakni TPS 01 dan 02 di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 40 perwakilan negara asing melakukan studi banding pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tangerang, Rabu (27/6/2018).

Salah satu TPS yang dikunjungi yakni TPS 01 dan 02 di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Komisioner Badan Pengawas Pemilu RI, Afifudin mengatakan, kegiatan tersebut berkaitan dengan program untuk mengajak para delegasi negara tetangga agar dapat memantau proses pelaksanaan pemilu di daerah calon tunggal.

"Kita pilih Tangerang salah satunya sebagai pembelajaran, karena disini calon tunggal. Nanti nya mereka akan kami minta juga untuk mendiskusikan hasil dari studi banding ini. Disini juga kita minta mereka perhatikan proses penyelenggaraan dan pemilihan nya," ujarnya.

Sejumlah negara yang ikut diantaranya, Australia, Timor Leste, Amerika, Srilangka, Filipina dan Thailand. Dalam kunjungannya, para delegasi tersebut melihat bagaimana proses pelaksanaan Pilkada calon tunggal.

"Nantinya mereka bisa melihat bagaimana kami sebagai lembaga sah Pengawas Pemilu dalam mengawasi apakah ada pelanggaran meskipun calon tunggal dan menangani adanya pelanggaran Pemilu," katanya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan Australia, Ayoana mengatakan, pemilihan dengan satu calon pemimpin tersebut disebutnya sangat unik dan menjadikan pembelajaran baru sebagai bentuk demokrasi.

"Bagus, saya juga belajar bagaimana prosesnya dan disini juga satu pasangan calon kita banyak belajar dan nanti akan didiskusikan," ungkapnya.

Untuk diketahui untuk jumlah suara pada TPS 1 tersebut sebanyak 356 dengan perolehan pencoblosan sementara sebanyak 200 pemilih. Total dari jumlah suara di Kota Tangerang sebanyak kurang lebih 1 juta penduduk yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.