Sukses

Survei LROP: 83 Persen Warga Setuju Kalbar di Pimpin Perempuan

Sebanyak 83 persen warga Kalbar setuju perempuan untuk menjadi pemimpin lima tahun ke depan

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Riset dan Opini Publik (LROP) memprediksikan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 2, Karolin-Gidot akan memenangkan Pilkada Kalbar 2018.

"Dari keseluruhan komponen survei yang disampaikan kepada responden, pasangan Karolin Gidot berpeluang untuk memenangkan Kontestasi Pilkada Kalbar 2018," ujar Direktur LROP Christ Romulo saat menyampaikan hasil survei yang mereka lakukan di Pontianak, Rabu (20/6/2018).

Sementara itu, survei juga menyebutkan kalau mayoritas warga Kalimantan Barat disebut menginginkan gubernur perempuan di Pilkada 2018.

"Sebanyak 83 persen warga Kalbar setuju kepada pemimpin perempuan untuk menjadi pemimpin lima tahun ke depan," kata Peneliti LROP, Maulinawati.

Terkait isu gender dan kepemimpinan daerah, sebanyak 83 persen warga Kalbar setuju perempuan untuk menjadi pemimpin lima tahun ke depan. Sementara itu, sebanyak 91 persen warga Kalbar telah menentukan pilihannya.

"86,04 persen responden tidak akan mengubah pilihannya. Faktor yang dapat mempengaruhi perubahan pilihan responden adalah, 76 persen alasan program atau visi misi. Dengan demikian debat kandidat sangat berpengaruh besar," jelas Maulinawati.

Selain itu, sebanyak 21,05 persen alasan moral atau kasus hukum dan 2,26 persen karena politik uang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mana Lebih Populer?

Terkait popularitas, pasangan Karolin-Gidot menjadi yang paling popular, yaitu pada angka mencapai 96,21 persen, diikuti pasangan Sutarmidji-Ria Norsan sebesar 94,64 persen, selanjutnya pasangan Milton Boyman 60,64 persen.

Sedangkan terkait akseptabilitas, posisi teratas diduduki pasangan calon Karolin-Gidot sebesar 92,87 persen, diikuti pasangan Sutarmidji Ria Norsan 84,53 persen dan pasangan Milton Boyman 65,84 persen.

"Ketika responden diajukan pertanyaan kunci terkait elektabilitas, apabila pilkada Kalbar dilakukan hari ini, pasangan calon mana yang anda pilih, Karolin-Gidot menduduki tingkat elektabilitas tertinggi yaitu sebesar 43,64 persen, diikuti pasangan Sutarmidji-Ria Norsan sebesar 39,21 persen sedangkan pasangan Milton-Boyman 8,29 persen dan tidak menjawab/belum ada pilihan sebesar 8,86 persen," ungkapnya.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.400 orang tersebar di 14 Kabupaten/Kota secara proporsional. Karakteristik responden berusia 17 tahun atau sudah menikah dan terdaftar sebagai pemilih. Margin of error 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.