Sukses

Perang Yel-Yel, Khofifah Nomor Urut 1 dan Gus Ipul Nomor Urut 2

Liputan6.com, Surabaya - KPU Provinsi Jawa Timur menggelar agenda Rapat Pleno Terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon dalam Pilkada Jatim 2018, di Hotel Mercure Surabaya, Selasa (13/12/2018).

"Hasilnya tadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah dan Emil mendapatkan nomor urut 1, sedangkan Gus Ipul dan Mbak Puti mendapat nomor urut 2," tutur Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito.

Dari pantauan di lokasi, kedua pendukung dari pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti), ikut meramaikan pengundian nomor urut paslon.

Perang yel-yel pun tak terelakan dari kedua kubu, dari dalam ruang rapat maupun diluar hotel. Ibu-ibu Muslimat NU yang mengenakan seragam serba putih dengan bros Khofifah-Emil berada di depan pintu masuk hotel. Dengan rebana mereka mengumandangkan Salawat Badar. Mereka juga mengelu-elukan nama Khofifah.

"Biyen pakde saiki bude, biyen Pakde saiki bude, Ibu Khofifah ibu e dewe. Wea wayahe ibu Khofifah, Khofifah-Emil pilihan kita," begitu yel-yel dari kubu Khofifah-Emil terus berkumandang.

Sementara di sisi kiri para ibu-ibu Muslimat, berkumpul para pendukung Gus Ipul-Puti. Jarak kedua kubu hanya sekitar 1 meter dan dibatasi beberapa personel polisi.

Untuk menyaingi yel-yel kubu Khofifah-Emil, para pendukung Gus Ipul-Puti yang mayoritas dari PKB dan PDIP terus meneriakkan nama jagoannya.

"Gus Ipul Mbak Puti, Gus Ipul Mbak Puti, Gus Ipul Mbak Puti, Biyen pakde saiki Gus Ipul," begitulah kalimat yang diteriakkan.

1 dari 2 halaman

Tanda Perdamaian

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno mendapatkan nomor urut 2. Keduanya menyambut gembira perolehan nomor itu.

"Kami berdua, saya dan Mbak Puti, bersyukur dapat nomor 2. Ini anugerah. Kami akan memperkuat gotong-royong, kerukunan di Jawa Timur. Kami berjuang untuk meningkatkan kemakmuran rakyat," kata Gus Ipul.

Didampingi Cawagub Puti Guntur Soekarno, usai pengambilan nomor urut oleh KPU Jawa Timur, keduanya tidak pernah henti menebar senyuman.

Nomor urut 2 mengingatkan dengan simbol dua jari, tanda persaudaraan dan perdamaian. "Kami ingin Pilkada Jawa Timur membawa rasa damai dan kegembiraan bagi rakyat. Seperti moto kami berdua, 'kabeh sedulur, kabeh makmur' (semua saudara, semua sejahtera)," kata Puti Guntur.

Kedua pasangan ini membawa spirit pasangan nasionalis yang religius. "Sekaligus pasangan religius yang nasionalis," kata Gus Ipul. 

Gus Ipul menegaskan, saat ini terbuka peluang lebar bagi dirinya dan Puti untuk meneruskan semangat perubahan yang berkelanjutan.

"Selama dua periode mendampingi Pakde Karwo (gubernur saat ini), banyak keberhasilan yang telah dicapai. Tetapi juga banyak perubahan yang harus dilanjutkan," kata Gus Ipul.

 

Artikel Selanjutnya
Gus Ipul-Puti Naik Mikrolet Ambil Nomor Urut Pilkada Jatim
Artikel Selanjutnya
Puti Guntur: PDIP Harus All Out Menangkan Pilkada Jatim 2018