Sukses

Gus Ipul-Puti Luncurkan Program Satria Madura, Apa Itu?

Kucuran Rp 1 triliun itu, menurut Gus Ipul, dilakukan karena Madura memerlukan sentuhan khusus pembangunan.

Liputan6.com, Surabaya - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno luncurkan salah satu program andalan berupa Rp 1 triliun untuk percepatan membangun Madura atau Satria Madura.

Kucuran Rp 1 triliun itu, menurut Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, dilakukan karena Madura memerlukan sentuhan khusus pembangunan. Sebab, IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Madura sampai saat ini masih rendah. 

"Madura memerlukan intervensi, kebijakan dan anggaran khusus jika pembangunan di Madura ingin lebih merata. Kami telah merumuskan program ‘Satria Madura’, yakni ‘Satu triliun untuk Pulau Madura’,” tutur Gus Ipul saat meresmikan posko pemenangan Rumah Gus Ipul-Puti Guntur, di Jalan Gayungsari Barat X Surabaya, Rabu 7 Februari 2018.

Anggaran khusus Rp 1 triliun itu, lanjut Gus Ipul, diperuntukkan peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas infrastruktur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Andalan

"Selama 9 tahun memimpin Jatim bersama Pakde Karwo telah tercapai banyak prestasi. Meski begitu, perlu percepatan untuk meningkatkan pengangguran, kemiskinan dan kesenjangan dan bidang lain seperti pertanian. Nanti ada 9 agenda prioritas yang akan kita sampaikan,” kata Gus Ipul.

Satria Madura sendiri, kata Gus Ipul merupakan salah satu program andalan yang diambilkan dari 1 visi, 3 strategi, 9 agenda prioritas dan 33 janji kerja.

"Satria Madura ini salah satu program andalan kami. Masih banyak lagi program lainnya yang nanti akan kami berikan untuk masyarakat Jawa Timur," ujar Gus Ipul.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.