Sukses

PKS Tetapkan Calon di Pilkada DKI Paling Lambat Juni

Menurut Jazuli, dalam sistem demokrasi siapapun berhak mencalonkan diri sebagai pemimpin.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah tokoh Islam siap maju dalam Pilkada DKI Jakarta. Beberapa di antaranya Yusril Ihza Mahendra, Abraham Lunggana, dan Adhyaksa Dault.

Bahkan, ustaz kondang Yusuf Mansur juga disebut-sebut akan mendeklarasikan diri, sebagai bakal calon gubernur untuk Pilkada DKI Jakarta siang ini.

Menanggapi banyaknya tokoh Islam yang maju, DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan masih menyaring tokoh yang dianggap laik, dan memenuhi kapasitas sebagai bakal calon gubernur DKI.

"Masih dirumuskan. Nanti kita bicaranya sama presiden (PKS), beliau yang berwenang," ujar Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta, Minggu, (24/4/2016).

Menurut Jazuli, dalam sistem demokrasi siapa pun berhak mencalonkan diri sebagai pemimpin. PKS akan berpegang pada prinsip-prinsip demokrasi tersebut.


"Semua warga negara Indonesia berhak maju sebagai calon kepala daerah. Adapun menang atau kalah tergantung rakyat yang memilihnya. PKS apresiasi dan memahami tentang prinsip-prinsip demokrasi itu. Jadi kita akan lihat perkembangannya ke depan," ujar dia.

Sementara, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, pihaknya masih menunggu nama para tokoh yang menyatakan siap maju Pilkada DKI. Karena itu, partai berlambang padi dan bulan sabit itu, belum bisa menentukan bakal calon yang diusung. ‎

"Siapapun, silakan mengekspose diri masing-masing, supaya diterima publik. Nanti kami akan lakukan survei, baru kita kerucutkan, apakah kader sendiri atau eksternal yang akan didukung," kata dia.

Sohibul menyatakan, paling lambat PKS akan menentukan bakal calon pada Juni mendatang. ‎"Karena pendaftaran dibuka September, mudah-mudahan tiga bulan sebelumnya sudah ada," tegas Sohibul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini