Sukses

Tak Hanya Anies Baswedan, PKS Akan Jaring Nama Non-Kader Lainnya untuk Pilgub Jakarta 2024

Menurut Khoirudin, partainya bakal menjaring sejumlah nama potensial non kader untuk maju pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah menjaring kader maupun non kader untuk maju sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin, mengatakan partainya memang amat terbuka terhadap kandidat non kader yang mumpuni untuk diusung maju Pilkada DKI Jakarta. Sehingga, kata dia siapa saja yang senafas dengan PKS bisa dipertimbangkan.

"Buat kita (PKS) siapa saja yang bisa menjalankan platform silakan, kami akan terima. Nilainya sama dengan kader kalau dia bisa menjalankan platform (PKS), ayuk jadi gubernur Jakarta, buat Jakarta," kata Khoirudin di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Menurut Khoirudin, partainya bakal menjaring sejumlah nama potensial non kader untuk maju pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Khoirudin bilang, selain nama Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan, juga ada nama tokoh-tokoh non kader PKS lainnya yang bakal dipertimbangkan PKS untuk maju Pilgub DKI Jakarta 2024.

"Kita akan menjaring juga tentu bukan hanya Pak Anies, di belakang Pak Anies ada banyak orang-orang yang bagus dan keren yang perlu kita komunikasikan untuk mewujudkan Jakarta lebih baik," kata dia.

Terlebih, kata dia, dalam Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) akan ada 15 urusan pusat yang menjadi tanggung jawab Jakarta. Sehingga, kata dia sosok cagub potensial diperlukan untuk bisa menghadapi tantangan dan peluang baru Jakarta usai tak lagi jadi ibu kota.

"Kita masih diskusi (sosok-sosoknya) namanya masih dirahasiakan nanti pada waktunya kita akan buka, paling tidak kita masih menunggu hasil sidang MK dulu deh, biar suasana lebih dinamis," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Lakukan Jejak Pendapat

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melakukan jajak pendapat mencari tahu nama-nama potensial untuk diusung maju sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

"Saya mengawal calon-calon karena saya ketua DPW DKI Jakarta. Saya di internal PKS sudah melakukan jajak pendapat keluar lah nama-nama dari kader dan non kader," kata Ketua DPW PKS Jakarta Khoirudin di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Menurut Khoirudin, PKS sendiri telah menentukan sejumlah indikator siapa sosok pilihan untuk didukung maju di Pilkada Jakarta 2024. Indikator yang dia maksud ialah yang bisa melaksanakan platform PKS.

Penasehat Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta ini menyebut, dari hasil jajak pendapat muncul sejumlah nama kader PKS dan sosok non kader PKS. Mulai dari Eks Presiden PKS Sohibul Iman hingga Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera.

"Kalau orang-orang yang dari kader kita ada Pak Mardani Ali Sera, kemudian ada Sohibul Iman, kemudian nama saya juga ada di survei namun saya fokus di legislatif," kata Khoirudin.

Sedangkan, nama non kader mencuat nama gubernur periode DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan hingga nama mantan kapolda yang masih dirahasiakan.

"Di eksternal ada nama Pak Anies Baswedan, kemudian ada juga nama dari kepolisian, mantan kapolda juga ada," katanya.

Khoirudin membantah nama Fadil Imran sebagai mantan kapolda yang dimaksud. "Bukan (Fadil Imran), namanya masih dirahasiakan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.