Sukses

17 Kepala Daerah di Jateng Dilantik di Lapangan Terbuka

Liputan6.com, Semarang - Sebanyak 17 pasangan kepala daerah se-Jawa Tengah, baik bupati maupun wali kota dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di lapangan terbuka. Kepala daerah yang dilantik hari ini merupakan hasil pilkada serentak.

Selain  melantik 17 pasangan bupati dan wali kota, Ganjar memberhentikan para kepala daerah yang habis masa jabatannya. Ke-17 pasangan itu membaca sumpah jabatan dan dilanjutkan dengan menandatangani berita acara pelantikan.

Mereka yang dilantik berasal dari Kota Surakarta, Kabupaten Purworejo, Purbalingga, Kebumen, Blora, Rembang, Wonosobo, Kota Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang, Wonogiri, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kendal, Kota Pekalongan, Magelang, Kabupaten Sukoharjo, dan Klaten.

Ganjar Pranowo juga melantik pengurus PKK terhadap para istri bupati dan wali kota. Dalam pesannya, Ganjar menyampaikan, saat ini, ada 17 persoalan dan isu strategis yang siap menanti para pemimpin daerah. Beberapa persoalan tersebut antara lain terkait tingkat kemiskinan yang masih tinggi di beberapa daerah.

"PR kita besar dan berat jadi kita pasti sibuk. Ada 15 daerah merah karena kemiskinan tinggi. Kepada teman-teman yang daerahnya merah, kita bicara," kata Ganjar di lokasi pelantikan, Lapangan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Rabu (17/12/2016).

Ganjar Pranowo pun menyoroti demam berdarah, bencana alam, dana desa, pelayanan kepada masyarakat, dan sebagainya. Para kepala daerah itu diminta membuka akses komunikasi berbasis teknologi informasi, bisa menggunakan media sosial ataupun website.

"SMS boleh, sosial media, basis web boleh, terserah, kalau tidak pakai itu rakyat susah berkomunikasi," kata Ganjar.

Usai pelantikan, semua saling bersalaman. Untuk Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti diarak menggunakan becak menuju Balai Kota Semarang.

Usai pelantikan, di lokasi yang sama digelar pesta rakyat. Pesta rakyat ini didominasi PNS yang berpakaian batik dan memanfaatkan makan gratis. Ribuan porsi makanan khas cepat ludes disantap.

Pelantikan kepala daerah ini juga dihadiri 2 Wakil Ketua DPR yaitu Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan. Selain itu terlihat mantan Gubernur Jateng sekaligus mantan Mendagri Mardiyanto dan mantan Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih.‎