Sukses

Alasan DPD PSI Jakbar Usulkan Deddy Corbuzier Maju Pilkada Jakarta: Otot Politiknya Kuat

DPD PSI Jakarta Barat (Jakbar) mengusulkan enam nama calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta - YouTuber Deddy Corbuzier menjadi salah satu usulan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta 2024 dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) DPD PSI Jakbar William Aditya Sarana mengatakan ada sejumlah alasan munculnya nama Deddy Corbuzier tersebut. Deddy dinilai punya peran publik yang besar karena aktif mengikuti isu politik di Tanah Air.

"Tidak banyak figur publik yang punya public service. Peran publik Deddy Corbuzier di militer sebagai Letkol Tituler sangat baik, otot politik nya kuat. Beliau jadi salah satu yang diusulkan PSI Jakarta Barat," kata William dalam keterangan tertulis, Senin (8/7/2024).

Menurut William, Deddy juga sukses di segala bidang yang selama ini dia ikuti. Dia meyakini, kemampuan Deddy itu juga bakal membawanya sukses di bidang pemerintahan.

"Dia selalu sukses di segala bidang yang dia tekuni, saya yakni begitu juga nanti di pemerintahan," ujarnya.

DPD PSI Jakarta Barat (Jakbar) mengusulkan enam nama calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Jakarta 2024.

Usulan diputuskan usai DPD PSI Jakbar menggelar sidang pleno daerah pada Minggu 7 Juli 2024 di Kantor DPD PSI Jakarta Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PSI Jakarta Barat William Aditya Sarana menyatakan sidang pleno ini sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pilihan terbaik bagi warga Jakarta.

"Kami menjunjung tinggi prinsip partisipasi dalam setiap proses pengambilan keputusan di internal partai," kata William dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (8/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama-Nama yang Diusulkan PSI

William menjelaskan, sidang pleno daerah itu juga melibatkan berbagai elemen masyarakat. PSI, kata dia selalu mendengarkan aspirasi dari masyarakat, sehingga acara sidang pleno daerah disebut sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kami telah melibatkan berbagai elemen masyarakat khususnya di Jakarta Barat dan mendengarkan aspirasi mereka untuk memastikan bahwa calon yang direkomendasikan adalah yang terbaik dan paling sesuai untuk memimpin Jakarta ke depan," ujar Wiliam.

Adapun enam nama yang diusulkan oleh DPD PSI Jakarta Barat adalah Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Menteri BUMN Erick Thohir, YouTuber Deddy Corbuzier, dan Politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Rekomendasi yang dihasilkan dari rapat pleno ini akan diserahkan kepada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Jakarta untuk dijadikan bahan pertimbangan lebih lanjut.

Selain itu, William menegaskan enam nama tersebut merupakan hasil dari aspirasi masyarakat Jakarta, khususnya masyarakat Jakarta Barat yang diterima oleh DPD PSI Jakarta Barat.

"Proses seleksi ini sangat penting untuk memastikan bahwa PSI Jakarta dapat mengusung calon-calon yang memiliki integritas, kompetensi, dan visi yang jelas untuk memajukan Jakarta," jelas William.

3 dari 3 halaman

Calon yang Berpihak pada Masyarakat

Menurut William, partainya tidak ingin mengusung nama calon pemimpin yang tidak sejalan dengan visi dan kriteria partai. Dia menyebut, calon-calon yang direkomendasikan harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh PSI, yaitu memiliki integritas, kompetensi, dan rekam jejak yang baik.

"Kami mencari pemimpin yang tidak hanya mampu mengelola kota ini dengan baik, tetapi juga memiliki keberpihakan pada rakyat dan komitmen terhadap pembangunan manusia Jakarta," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini