Sukses

Target Menangkan Pilkada, PKB Klaten Jaring Cabup-Cawabup Potensial

Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Klaten telah membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk diusung pada Pilkada Serentak, November 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Klaten telah membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk diusung pada Pilkada Serentak, November 2024 mendatang.

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Klaten, H. M. Muqtadiir Al-Fadlil atau Gus Fadlil menyatakan, sudah ada tiga Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang berasal dari eksternal PKB dan sudah mendaftar sejak dibuka pada 10 Mei 2024.

“Untuk pendaftaran sudah mulai dibuka tanggal 20 Mei sampai besok tanggal 25 Mei. Perhari ini tadi sudah ada dua Calon Bupati dan satu Calon Wakil Bupati yang mendaftar. Semua eksternal. Ada dari pensiunan Polri, ada yang latar belakang pengusaha, ada yang latar belakang pensiunan Sekda, ASN di Klaten,” tutur Gus Fadlil kepada awak media, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (22/5/2024).

Gus Fadlil berujar, PKB punya target menang di Pilkada 2024. Selain karena ada penambahan suara yang cukup signifikan pasca Pemilu Februari lalu, ia juga tak ingin PKB mengulang kekalahan di dua kali Pilkada sebelumnya.

“Target kita karena sudah pernah mengalami dua kali kekalahan dalam Pemilu sebelumnya, kita bisa menjalin kerjasama politik dengan partai-partai lain untuk bersama-sama meraih kemenangan di Pemilu 2024,” yakid Gus Fadil.

Gus Fadlil pun memastikan, PKB akan terus menjalin komunikasi dan kerjasama politik dengan partai lain. Meski begitu, hingga hari ini peta koalisi maupun sosok potensial yang akan diusung parpol peserta Pilkada masih belum dapat dipastikan.

“Komunikasi dengan lintas parpol sudah kita jalani, dari Gerindra, dari Golkar, dari PDIP kita jalani semuanya. Dalam waktu dekat kami akan tetap komunikasi dengan partai-partai yang lain. Tapi sampai detik ini belum ada kesepakatan dengan semuanya, karena untuk saat ini semua partai masih cair, masih berjalan terus, semua masih penjajakan dan penjaringan,” jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunikasi

Terkait komunikasi dengan Nahdlatul Ulama (NU), Gus Fadlil memastikan hal itu berjalan baik. Ia mengaku siap membuka pintu lebar-lebar jika ada kader NU potensial ingin maju di Pilkada 2024.

“Ya kalau dengan NU komunikasi baik, semua kita laporkan perolehan kursi dan suara. Terkait Pilkada, kita juga sudah melaporkan perkembangan dan dinamika politiknya. Intinya PKB Klaten dan NU Klaten sinergi ya,” Gus Fadlil menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.