Sukses

Soal Duet Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim, Gerindra: Kita Akan Komunikasi dengan Partai KIM

Habiburokhman mengatakan, akan terus berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) soal rencana mengusung Khofifah Indar Parawansa Bersama Emil Dardak dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, akan terus berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) soal rencana mengusung Khofifah Indar Parawansa Bersama Emil Dardak dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

"Karena itu kami perlu komunikasi. Bu Khofifah apakah dengan Pak Emil atau dengan siapa, kami komunikasi pertama dengan teman-teman Koalisi Indonesia Maju. Yang kedua dengan partai politik lain," kata Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Menurutnya, jika memang Emil Dardak dipasangkan dengan Khofifah. Ia menilai pantas saja, akan tetapi keputusan tetap berada pada Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra.

"Ya saya kurang tahu, saya belum tahu (apakah Demokrat sudah menyampaikan keinginan Emil akan dipasangkan dengan Khofifah). Tapi kalau saya melihat, ya pantas-pantas aja. Cuma kalau keputusannya di Gerindra setelah melihat, itu ada di Pak Prabowo ya, yang akan memutuskan," ucap Habiburokhman.

Habiburokhman juga memastikan, partainya tidak bisa berjalan sendiri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Hal ini karena masih sedikitnya kursi yang dimiliki partainya.

"Kami dalam merumuskan sosok yang kami dukung di Pilkada itu tergantung pada komposisi dengan partai-partai lain. Jadi enggak bisa (sendiri). Kayaknya sedikit sekali baik Pilkada provinsi, kabupaten, kota yang Partai Gerindra bisa menentukan sendiri. Karena kursinya belum cukup," pungkas Habiburokhman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emil Dardak Siap Dampingi Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Sebelumnya, Emil Dardak memastikan bakal mendampingi Khofifah Indar Parawansa maju pada Pilkada Jawa Timur 2024 mendatang. Emil mengaku sudah mendapatkan mandat dari Partai Demokrat untuk maju Kembali Bersama Khofifah.

"Insya Allah ikhtiar kami dan juga mandat yang diberikan dari Partai Demokrat adalah untuk mendampingi Bu Khofifah agar beliau bisa kembali menjadi Gubernur Jawa Timur periode 2025-2029," kata Emil di Jakarta, Rabu (2/5) malam.

Untuk itu, Emil mengaku terus menjalani silaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat serta partai politik lainnya.Hal itu dilakukan untuk bisa melanjutkan ikhtiar bersama dengan Khofifah memimpin Jatim.

"Tapi juga tentunya kita ingin mematangkan rencana kita menuju ke pemilihan yang akan datang. Nah tentu karena ini adalah suatu proses yang harus menghormati juga, partai-partai tentu kami sudah berkomunikasi untuk mengatakan ini sebagai sebuah pasangan," ujarnya.

"Jadi Demokrat tentu sudah menyampaikan untuk melanjutkan format untuk Kang Emil, kami melakukan pembicaraan dengan Golkar, dengan Gerindra, dengan PAN tentunya yang telah memberikan dukungan secra resmi. Namun dengan segenap elemen partai yang di Jatim, kami melakukan komunikasi bersama-sama," sambungnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.