Sukses

PDIP Ingatkan Golkar Tak Ganggu Jatah Kursi DPR RI: Kami Ada Batas Kesabaran

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto buka suara soal isu manuver Partai Golkar yang menyebut masih berpeluang menempati kursi Ketua DPR RI usai gelaran Pemilu 2024 lewat revisi Undang-undang MD3.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto buka suara soal isu manuver Partai Golkar yang menyebut masih berpeluang menempati kursi Ketua DPR RI usai gelaran Pemilu 2024 lewat revisi Undang-undang MD3.

Hasto menyebut, berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR dan DPD, dan DPRD (MD3) disebutkan bahwa kursi ketua DPR RI ditentukan dari perolehan kursi terbanyak partai politik di DPR.

PDIP menjadi partai politik yang berhasil meraih kemenangan pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024. Dengan begitu, secara otomatis kursi Ketua DPR RI akan diisi oleh kader dari PDIP sebagai partai pemenang.

"Hormati suara rakyat, jangan biarkan ambisi-ambisi penuh nafsu kekuasaan dibiarkan. Kami ada batas kesabaran untuk itu," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024).

Hasto menyinggung, Pemilu 2014 kala PDIP menjadi pemenang Pemilu, tapi tak mendapat kursi Ketua DPR RI. Kala itu, lewat revisi UU MD3, kursi ketua DPR diambil Golkar, sehingga PDIP tak ingin peristiwa serupa kembali berulang.

"Golkar itu harus belajar dari 2014, karena seharusnya di dalam norma politik yang kita pegang, tidak bisa Undang-undang yang terkait hasil Pemilu lalu diubah setelah Pemilu berlangsung," kata Hasto.

PDIP, kata Hasto memiliki kesabaran soal itu. Hasto menyebut, jika peristiwa serupa terulang dipastikan bakal ada perlawanan keras dari seluruh kader dan simpatisan PDIP atas hasil Pileg 2024.

"Maka akan ada kekuatan perlawanan dari seluruh simpatisan anggota dan kader PDIP dan itu pasti dampaknya tidak kita inginkan," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Meniru Jokowi

Oleh sebab itu, Hasto meminta Golkar tak meniru apa yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menabrak aturan Mahkamah Konstitusi (MK) demi meloloskan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka.

Lebih lanjut, Hasto juga mengungkit kasus hukum yang menjerat Ketua DPR RI dari Golkar kala itu. Hasto bilang Golkar harusnya belajar dari masa lalu.

"Jangan pancing sikap dari PDIP yang tahun 2014 sudah sangat sabar, 2014 kan ketua DPR bermasalah dan masuk penjara," ujar Hasto.

 

3 dari 3 halaman

Airlangga Hartarto Prediksi Golkar Akan Dapat 102 Kursi DPR

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto masih menunggu hasil konversi Pileg 2024 ke kursi DPR RI oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, dia memprediksi partainya akan mdndapatkan 102 kursi di parlemen.

"Kita tunggu saja. Sekitar 102 kursi," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (25/3/2024).

Sebelumnya, Partai Golkar menyatakan sangat puas dengan penetapan hasil Pemilu 2024 yang telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik soal kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres serta peningkatan sekitar 6 juta suara untuk Pileg dibandingkan lima tahun lalu.

"Tahun 2004 di bawah kepemimpinan Bapak Akbar Tanjung kita mendapatkan kursi yang cukup besar, setelah itu turun, turun, turun, dan sekarang rebound," tutur Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Kamis (21/3/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • PDIP

  • Golkar