Sukses

Kaesang Dikabarkan Maju Pilgub DKI Jakarta 2024, Demokrat: Kita Cermati Dulu

Juru Bicara (Jubir) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra angkat suara terkait kabar Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep akan maju dalam pemilihan gubernur atau Pilkada DKI Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara (Jubir) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra angkat suara terkait kabar Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep akan maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) atau Pilkada DKI Jakarta 2024.

Herzaky mengatakan, Partai Demokrat tengah mencermati sosok-sosok yang akan maju dalam pertarungan memperebutkan kursi nomor satu di Jakarta itu.

"Kita cermati dulu bersama-sama tidak hanya berkata ingin dan ingin gitu atau hanya ada yang menyatakan ingin mendukung kan begitu kita lihat dulu realitanya bagaimana kapasitas dan kapabilitas sosok itu, ini kita cermati dulu," kata Herzaky, saat dikonfirmasi, Jumat (22/3/2024).

Lebih lanjut, dia pun mengungkapkan, jika Partai Demokrat tengah menggodok sosok-sosok yang akan maju dalam Pilgub Jakarta nanti.

Pihaknnya enggan menyodorkan sosok yang tak siap bertarung di Jakarta, sebab Jakarta merupakan wilayah yang potensial.

"Kami masih dalam proses penggodokan, tentunya kami melihat dan sudah mendata tokoh-tokoh mana yang menurut kami memiliki potensi sosok yang tepat untuk menduduki jabatan secara strategis gubernur Jakarta ini," ucap dia.

"Yang tentunya siap berkompetisi ya ini menjadi penting bagaimana pun ini adalah kontestasi kalau tidak siap berkompetisi ya mohon maaf," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaesang Pangarep Disebut Punya Modal untuk Maju di Pilgub DKI Jakarta

Ketua Umum Partai Soildaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep diwacanakan bisa maju di Pilkada 2024 untuk bertarung di Jakarta merebut kursi gubernur.

Terkait hal ini, Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia, Arif Nurul Imam mengatakan, Kaesang memiliki cukup modal untuk maju di Pilkada DKI Jakarta.

“Potensi Kaesang maju Pilgub di Jakarta secara modal politik tentu terbuka lebar. Kaesang memimpin partai yang di Jakarta memiliki kursi lumayan,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (21/3/2024).

Namun, Arif mengingatkan, Kaesang tetap harus menjalin komunikasi politik dengan partai lain. Selain itu, putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu juga harus meningkatkan popularitas dan elektabilitas.

“Yang harus dipersiapkan membangun basis dan meningkatkan popularitas dan elektabilitas,” tutupnya.

3 dari 3 halaman

Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal PAN Fikri Yasin angkat bicara soal ini. Menurut dia, tak ada masalah bagi partainya jika Kaesang memperebutkan kursi nomor 1 di Jakarta itu.

"Kalau soal Kaesang mau maju sebagai cagub DKI ya enggak apa-apa sah-sah karena semua punya hak itu," kata Fikri, saat dikonfirmasi, Rabu (20/3/2024).

Saat ditanya, apakah PAN sudah menyiapkan sosok yang akan maju dalam Pilgub Jakarta, Fikri menegaskan belum ada tokoh yang dibahas sampai saat ini. Namun, dia menyebut, PAN akan menyiapkan kader terbaik untuk bertarung di Jakarta nanti.

"Namun sejauh ini kita juga belum lihat ke arah sana," ujar dia.

"Sejauh ini kita masih melihat dan menyiapkan kader sendiri untuk maju di DKI tentu yang punya kemampuan segalanya," imbuh Fikri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.