Sukses

Prabowo-Gibran Terpilih, KPK Tagih Komitmen Tingkatkan Pemberantasan Korupsi

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi calon presiden dan calon wakil presiden terpilih Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi calon presiden dan calon wakil presiden terpilih Pilpres 2024.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mengingatkan komitmen pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terkait janji untuk melamukan pencegahan dan penguatan pemberantasan korupsi.

Janji itu diucapkan oleh Prabowo pada saat menghadiri forum Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, pada 17 Januari 2024 lalu.

"Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah memaparkan komitmennya. Penguatan reformasi politik, hukum dan birokrasi serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi; memperkuat KPK dan komitmen untuk memperketat seleksi pimpinan KPK sesuai standar tinggi, menjadi bagian dari fokus utama visi, misi dan strategi Pemerintah mendatang dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia," kata Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Kamis (21/3/2024).

Ali Fikri mengatakan, KPK siap bersinergi dengan seluruh aparat penegak hukum dan masyarakat luas untuk mendukung pemenuhan komitmen pasangan terpilih dalam memperkuat penegakan hukum, termasuk dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Karena penguatan pemberantasan korupsi akan berdampak positif dalam mendukung pembangunan dan kemajuan ekonomi bangsa, yang tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata," kata Ali Fikri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KPK Ucapkan Selamat

Lebih lanjut, Ali mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Indonesia atas proses pemilihan umum yang telah berlangsung dengan lancar.

"KPU telah mengumumkan dan menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai peraih suara terbanyak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sekaligus Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029," ujar dia.

Ali menyakini kepemimpinan baru Republik Indonesia di periode mendatang akan membawa Indonesia melangkah maju lebih baik.

"KPK akan mendukung program-program pemerintahkhususnya dalam penegakan hukum dan penguatan pemberantasan korupsi," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Xi Jinping Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo Subianto usai ditetapkan sebagai pemenang pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia berharap bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dan China dapat berkembang semakin baik dan memperdalam sinergi pembangunan serta menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

"Kedua belah pihak telah membuka babak baru dalam membangun komunitas China-Indonesia untuk masa depan bersama," kata Xi, seperti dikutip Xinhua, Kamis (21/3/2024).

Demi mewujudkan cita-cita kedua negara, Xi juga berharap dapat bekerja sama dengan Prabowo untuk mencapai kemajuan yang lebih besar dan dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua negara.

Xi juga berharap bahwa Indonesia dan China dapat mendorong kemakmuran dan stabilitas bagi kawasan regional hingga global.

Berdasarkan pengumuman Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) usai menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara pada Rabu (20/3/2024) malam, calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini