Sukses

Kubu AMIN Pastikan Gugat Hasil Pemilu 2024 Usai Penetapan KPU: Kami Akan ke MK

Kubu AMIN optimistis bisa memenangkan gugatan sengketa Pemilu 2024 ke MK. Sebab, bukti yang telah diperoleh sangat kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Kubu calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) bakal langsung menggugat hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi atau MK usai KPU RI menetapkan hasil Pemilu.

"Kami akan segera ke MK," kata Ketua Tim Hukum Nasional (THN AMIN) Ari Yusuf Amir kepada Liputan6.com, Rabu (20/3/2024).

Ari menyatakan, kubu AMIN sepenuhnya siap untuk mengajukan penetapan hasil Pemilu 2024 ke MK. Menurutnya, semua hal yang dibutuhkan untuk menggugat hasil Pemilu 2024 telah disiapkan.

"Kami sudah siap 100 persen, gugatan dan bukti-buktinya," ujar Ari.

Ari menyatakan, pihaknya optimistis bisa memenangkan gugatan sengketa Pemilu 2024 ke MK. Sebab, ujar Ari bukti yang telah diperoleh sangat kuat.

"Kami sangat optimis karena bukti-bukti yang kami miliki sangat kuat," ucapnya.

Senada, Asisten Pelatih Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Tamsil Linrung, menyatakan arahan dari capres nomor urut satu Anies Baswedan hasil Pemilu 2024 bakal digugat THN AMIN ke MK.

"Arahan Capres ke MK. Sejak hari Jumat lalu tim hukum sudah rampungkan seluruh persiapan untuk ke MK," jelas Tamsil.

Meski begitu, Tamsil tak menampik pihaknya juga meragukan MK karena keberadaan Hakim Konstitusi Anwar Usman. Namun, dia berharap anggota MK lainnya bakal netral.

"Agak ragu karena di sana ada paman. Tapi berharap anggota MK lainnya terbuka akan kecurangan yg dilakukan Jokowi. Terutama pra Pemilu," ucap dia.

Di sisi lain, Koalisi Perubahan (NasDem, PKS, dan PKB) akan bergerak lewat hak angket di DPR RI. Tiga parpol dipastikan solid mengajukan hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024

"Angket itu domain partai. Sejauh yang saya ketahui tiga partai pengusung paslon satu akan menggulurkan angket," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Bakal Sambangi Markas AMIN Usai Penetapan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan, bakal memantau penetapan hasil pemilihan umum (Pemilu) 2024 oleh KPU pada Rabu (20/3/2024).

Anies menyatakan, akan menyambangi markas pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) di Jalan Diponegoro 10, Jakarta Pusat. Dia bakal memberikan keterangan terhadap hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kita masih menunggu sampai ada kejelasan jadwal (penetapan oleh KPU). Tentu (akan ke markas pemenangan), pokoknya begitu kita tahu jadwal (penetapan hasil Pemilu) kita buat jadwal," kata Anies kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 19 Maret 2024.

Lebih jauh, Anies mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di dua provinsi yakni Sumatera Barat dan Aceh yang telah memilih AMIN di Pilpres 2024. AMIN menang telak di dua provinsi tersebut.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, di Sumatera Barat AMIN menang dengan perolehan 1.744.042 suara. Sementara di Aceh, AMIN unggul jauh dengan perolehan 2.369.534 suara.

"Saya sampaikan kepada semua terima kasih, kepada yang sudah mendukung terima kasih, yang bertahan walaupun ada tekanan, walaupun ada imbalan, tetap memilih dengan hati nuraninya," ucap Anies.

Diketahui, dari total 38 provinsi KPU baru menyelesaikan rekapitulasi nasional di 36 provinsi. Rekapitulasi suara di dua provinsi tersisa, yaitu Papua dan Papua Pegunungan akan dituntaskan hari ini dan dilanjutkan dengan penetapan hasil Pemilu 2024 tepat waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini