Sukses

Anies Hadiri Deklarasi Kemerdekaan Pers, Ganjar via Zoom, Prabowo Absen

Capres nomor urut satu Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi kemerdekaan pers di Hall Dewan Pers, Jakarta Pusat, Sabtu malam (10/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan menjadi satu-satunya capres yang hadir dalam acara deklarasi kemerdekaan pers di Hall Dewan Pers, Jakarta Pusat, Sabtu malam (10/2/2024).

Menurut Anies, kehadirannya secara langsung dalam acara deklarasi kemerdekaan pers tersebut merupakan wujud dukungan dan komitmennya terhadap kebebasan pers di Tanah Air.

"Salah satu wujud komitmen kami dengan kebebasan adalah dengan kami hadir langsung di sini. Justru karena itulah kalau bicara tentang waktu, bicara tentang kepadatan, tentu amat padat. Tapi dengan dewan pers, dengan pers itu penting," kata Anies.

Menurut Anies, komitmen terhadap kebebasan pers juga merupakan salah satu cara memperjuangkan demokrasi. Termasuk, kata Anies adanya kontestasi pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Kami sampaikan yang sedang kita perjuangkan hari ini adalah demokrasi. Mengapa kita mengikuti bahwa kontestasi? Karena kita juga ingin merawat demokrasi dan salah satu unsur penting dalam demokrasi ada pers," jelas Anies.

Pada kesempatan tersebut, Anies hadir bersama sang istri Fery Farhati dan Co-Captain Timnas AMIN, Sudirman Said.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Diwakili Ketua TPN, Prabowo Diwakili Ketua TKN

Sementara itu, capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo hadir via zoom. Sebab, pasangan calon nomor urut tiga baru saja merampungkan kampanye akbar terakhir di Solo dan Semarang, Jawa Tengah.

Meski begitu, hadir mewakili Ganjar-Mahfud secara langsung di kantor Dewan Pers yakni Ketua TPN Arsjad Rasjid.

Sedangkan, paslon nomor urut dua Prabowo Subianto absen dalam acara deklarasi itu. Prabowo tak hadir baik secara langsung maupun via zoom. Namun, Prabowo diwakili Ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Roslan Roeslani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.