Sukses

Anies Pilih JIS Jadi Tempat Kampanye Akbar Pilpres 2024, Ini Alasannya

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), pada 10 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan melakukan kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), pada 10 Februari 2024. Anies menerangkan alasan dipilihnya JIS sebagai lokasi penutup kampanye Pilpres 2024.

"(Milih JIS) Ya paling sederhana kapasitasnya. Bisa paling sederhana itu," kata Anies usai menyambangi KWI, Jakarta, Kamis 18 Januari 2024.

Dia juga mengaku memiliki emosional pada lapangan yang dibangun pada masa ia menjabat gubernur DKI Jakarta.

"Ya tentu lah (punya emosional). Kamu mancing-mancing. Ya, ini memang itu di pinggir tol baliho terbesarnya itu dan ini karya anak bangsa, JIS itu simbol keringat anak Indonesia dibangun tanpa menggunakan tenaga asing 1 pun," ujar dia kepada wartawan.

Anies menegaskan, semua yang mengerjakan pembangunan JIS adalah putra-putri Indonesia yang dididik oleh lembaga-lembaga pendidikan Indonesia.

"Mereka menghasilkan bangunan kelas dunia yang masuk menjadi salah satu project, yang di dalam project nasional geografi namanya megaproject itu salah satu bangunan yang dijadikan contoh dan sekarang bangunan itu menjadi bahan mata kuliah di berbagai universitas jurusan Teknik Sipil," tegasnya.

"Jadi ini salah satu gedung yang memang berstandar internasional. Nah ketika kami mengkampanye kan tentang kemandirian, penyampaian tentang karya-karya anak bangsa, yang salah satu yang paling tepat untuk jadikan lokasi adalah JIS," sambungnya.

Selain itu, JIS disebutnya sebagai tempat yang mempunyai standar lingkungan hidup yang bertaraf level platinum.

"Yang kedua adalah pesan tentang lingkungan, karena di sini adalah gedung berstandar lingkungan hidup green building dengan level platinum. Jadi ini kalau di dalam mobil ini itu ada level silver, gold, dan platinum. Ini yang level platinum," unjar dia.

Selain itu, Anies menambahkan, JIS itu termasuk bangunan yang ramah dengan penyandang disabilitas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Baswedan Dikirimi Foodtruck Ala Idol KPop di Acara Desak Anies

Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan dikirimi Foodtruck ala Idol Kpop saat acara Desak Anies di Half Patiunus, Jakarta. Anies pun merasa terharu karena tak pernah membayangkan akan dikirimi foodtruck.

"Ah luar biasa ini apa ya saya tuh dari awal terharu liat support dari temen-temen ini semua. Karena mereka kerjakan dengan tulus, menunjukkan dirinya juga enggak, memberitahukan juga tidak," kata Anies di lokasi, Jakarta, Kamis, (18/1/2024).

"Jadi ini adalah anak-anak muda yang tulus perludialisme, lalu dalam memutuskan untuk membantu kami yang memang selama ini serba apa adanya dan dukungan dari mereka itu kepercayaan," sambungnya.

Dia berharap dibukakan pintu yang terbaik karena telah bekerja dengan niat baik bersama orang-orang baik. Menurutnya, hal ini merupakan jalan baru yang tak pernah terbayangkan untuk melakukan perubahan Indonesia.

"Apa si yang penting dari kejadian ini? Kejadian ini bahwa ada banyak orang baik semua berbuat baik seperti kira-kira 2 Minggu yang lalu ada rame-rame Nazar kan mereka mau melakukan itu memiliki komitmen pada diri sendiri, janji untuk melakukan perbuatan baik," ucapnya.

"Indonesia ini akan dasyat kalau semua orang itu memilih untuk saya berbuat baik untuk sesama, saya mau berbuat baik untuk orang lain. Tanpa menunjukkan dirinya, tanpa menceritakan siapa dia. Tapi saya mau berbuat baik," sambungnya.

Selain itu, ia juga tak menyangka akan muncul merchandise hasil kolaborasi dengan Kampung Akuarium.

"Nah iya, ini juga begini saya juga terharu melihat ini Akuarium. Karena Kampung Akuarium itu bicara dengan kenyataan gitu dan speak for it self, enggak perlu dijelasin ya, datang saja, ngobrol saja sama mereka," ungkapnya.

"Enggak usah saya menjelaskan tentang apa yang terjadi di Kampung Akuarium itu dan semua akan bisa melihat sebetulnya kalau prinsip keadilan, prinsip kesetaraan kita lakukan dengan sendirinya tercapai suasana yang tenang, teduh," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

KPU: Kampanye Akbar Pemilu 2024 Digelar 21 Januari-10 Februari

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan kampanye akbar Pemilu 2024 akan digelar pada 21 Januari sampai 10 Februari. Nantinya, masing-masing pasangan capres-cawapres akan dibagi ke tiga zona untuk melakukan kampanye akbar.

"Untuk yang pelaksanaan kampanye rapat umum selama 21 hari yang akan mulai berlangsung tanggal 21 Januari sampai tanggal 10 Februari tahun 2024," kata Komisioner KPU August Mellaz di Kantor KPU RI Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024)

Dia mengatakan, KPU bersama perwakilan tim pasangan capres-cawapres dan perwakilan partai politik tengah membahas soal zona kampanye. August menuturkan nantinya disepakati bersama zona untuk masing-masing pasangan capres-cawapres melakukan kampanye akbar.

"Jadi zona kampanye untuk pemilu untuk paslon (pasangan calon) itu dibagi dalam tiga zona. Zona A, B, dan C. Nanti akan ditentukan zona A paslon yang mana, zona B paslon yang mana, zona C paslon yang mana," jelasnya

Sementara untuk pembagian zona kampanye akbar partai politik, akan mengikuti pasangan capres-cawapres yang diusungnya. August menjelaskan pihaknya akan membagi secara proporsional pembagian zona atau daerah kampanye akbar.

"Kita ngikuti polanya kan ada 38 provinsi, 38 provinsi dibagi secara proporsional berdasarkan basis, misalnya WIB, WIT, WITA. Jadi nanti akan ada kalau dalam konteks pembagian zona tentu saja setiap paslon itu pasti akan berkampanye juga di zona yang masing," tutur August.

Menurut dia, pembagian zona kampanye akbar akan berlaku dalam waktu satu hari. Sehingga, masing-masing pasangan capres-cawapres dapat berkampanye akbar di semua daerah.

"Jadi misalnya sekarang paslon tertentu yang di zona A, kemudian paslon berikutnya di zona B, paslon berikutnya di zona C, itu pada hari yang sama. Besok akan berganti, jadi semua akan dapet sama," ujar dia.

"Skemanya cuma perhari, per satu hari, untuk yang paslon. Itu yang disepakati tim paslon dan peserta pemilu," sambung August.

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini