Sukses

Saat Ganjar dan Anies-Cak Imin Datangi Ponpes Denanyar Jombang di Hari yang Sama

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dijadwalkan berkunjung ke Ponpes Mambaul Ma'arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur pada hari yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo berziarah ke makam KH Bisri Syansuri di Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba'ul Ma'arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur pada Jumat (12/1/2024) sore.

Ganjar yang didampingi Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid tiba di Ponpes Denanyar, Jombang sekitar pukul 16.20 WIB. Mengenakan baju koko putih dan peci hitam, kedatangan Ganjar disambut antusias para santri yang hendak bersalaman dan berfoto.

Memasuki kawasan pondok, Ganjar dan rombongan langsung menuju ke makam Mbah Bisri yang merupakan kakek dari calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Ganjar didampingi oleh pengasuh Pondok Pesantrean Al Aziziyyah, KH Abdul Muiz Aziz.

Usai ziarah, Ganjar ditemui oleh pengasuh Ponpes Mamba'ul Ma'arif KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam untuk berbincang-bincang singkat.

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berziarah ke makam KH Bisri Syansuri di Ponpes Mamba'ul Ma'arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024). Di hari yang sama, pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga dijadwalkan berkunjung ke Ponpes Denanyar, Jombang. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Sementara itu, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) juga dijadwalkan mengunjungi Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif, Denanyar, Jombang pada hari ini, Jumat.

Mereka dijadwalkan hadir dalam acara Haul ke-45 KH M Bisri Syansuri ke-45, Haul ke-71 Nyai Hj Nur Khodijah Hasbullah, serta peringatan Harlah ke-109 Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar.

Kehadiran kedua tokoh ini semakin ramai dengan informasi kehadiran calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo. 

Namun Ganjar dan Anies-Cak Imin tidak sempat bertemu. Sebab Ganjar hadir bukan untuk acara Haul, melainkan hanya berziarah ke makam Mbah Bisri. Kendati demikian, lokasi haul dan makam masih berada dalam satu kompleks yang sama.

   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjar dan Anies Sama-Sama Kunjungi Ponpes Denanyar Jombang

Sebelumnya diberitakan, Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Gus Imin) akan bertemu hari ini di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar di Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).

Kehadiran pasangan yang dikenal dengan nama AMIN tersebut dijadwalkan hadir dalam acara Haul KH. M. Bishri Syansuri ke-45, Nyai Hj. Nur Khodijah Hasbullah ke-71, serta peringatan Harlah Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar ke-109.

Berdasarkan jadwal yang diterima Liputan6.com, Gus Imin akan tiba sekira pukul 18:30 WIB. Sedangkan Anies, akan tiba sekira pukul 19.00 WIB. 

Kehadiran kedua tokoh ini akan semakin ramai dengan informasi kehadiran calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Berdasarkan jadwal diterima, Ganjar akan tiba pada pukul 16.25 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Agenda Beda, Lokasi Sama

Namun berdasarkan jadwal, Ganjar hadir bukan untuk ada di acara Haul, melainkan berziarah ke makam ke Mbah Bisri di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kendati demikian, lokasi haul dan makam masih berada dalam satu kompleks yang sama.

Tim Liputan6.com masih mencoba mengonfirmasi apakah pasangan AMIN dan Ganjar akan bertemu di lokasi tersebut. Namun saat ini, masing-masing dari tokoh belum memberikan jawaban tersebut.

Diketahui, KH Bisri Syansuri adalah bagian dari sosok pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Secara biologis, KH Bisri Syansuri adalah kakek dari Gus Imin.

Dia turut berjuang untuk kemerdekaan dengan menjadi Kepala Staf Markas Ulama di Surabaya ini untuk menjadi posko pengusiran para penjajah.

KH Bisri Syansuri lahir di Desa Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada 18 September 1886. Ayah dan juga ibu dari KH Bisri yakni KH Syansuri dan Nyai Mariah. Sejak masih kecil, KH Bisri belajar dengan para ulama untuk menguasai berbagai bidang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.