Sukses

Gus Imin: Bung Karno Inspirasi Wujudkan Kedaulatan Bangsa

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar berziarah ke Makam Presiden RI pertama, Soekarno di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar berziarah ke Makam Presiden RI pertama, Soekarno di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024).

Pria yang juga disapa Gus Imin ini, mengungkapkan sosok Bung Karno menjadi inspirasi dalam melanjutkan agenda pembangunan nasional. 

"Karena Bung Karno adalah pendiri bangsa sekaligus ilmunya bisa menjadi pegangan kita terutama gagasan-gagasan kerakyatan sekaligus Nation Building (Pembangunan Nasional) yang kita jaga supaya kita tidak belok-belok, supaya kita tidak ke liberal, supaya kita tidak terpengaruh gaya ekonomi yang tidak mengindahkan kebutuhan bangsa kita sendiri. Mungkin disitu," kata Gus Imin dalam usai ziarah, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Jumat (12/1/2024).

Gus Imin menyampaikan, Bung Karno menjadi teladan sekaligus inspirasi bagi pasangan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) dalam perjalanan kepemimpinan nasional ke depan. Ketua Umum PKB ini berharap bisa melaksanakan perintah Bung Karno mewujudkan kedaulatan Indonesia di berbagai sektor.

"Karena itu kita meneladani Bung Karno sekaligus kalau AMIN menang nanti Bung Karno sebagai inspirasi agar kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kedaulatan ekonomi, kedaulatan budaya, yang itu perintah Bung Karno. Kita laksanakan!" ungkap dia. 

Gus Imin menambahkan, dirinya sudah berkomunikasi ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menyambangi makam ayahandanya Bung Karno.

Walau hal itu dilaksanakan melalui batin dan tidak secara langsung.

“Sudah, tapi komunikasi batin,” kata Gus Imin kepada awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Punya Hubungan Baik dengan Megawati

Gus Imin mengaku, sebagai sesama ketua umum partai politik, dirinya dan Megawati memiliki hubungan yang baik.

Dia menganalogikan, hubungan baik itu seperti ibu-anak. 

“Bahkan kita sempat komunikasi teruslah di awal koalisi dengan Mas Anies,” sebut Gus Imin.

3 dari 3 halaman

Berharap Terus Jalan

Dia berharap, hubungan baik itu masih terus bisa berjalan dan menjadi lebih erat lagi.

“Sehingga Insya Allah semakin ke sini bisa memahami hubungan baik kita,” Gus Imin menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.