Sukses

TKN Pastikan Gibran Penuhi Panggilan Bawaslu Jakpus Hari Ini

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka akan memenuhi panggilan Bawaslu Jakarta Pusat untuk diklarifikasi terkait bagi-bagi susu di area car free day (CFD), Jalan MH Thamrin, Jakpus.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dipastikan akan memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat (Jakpus) pada hari ini, Rabu (3/1/2024).

Wakil Komandan Echo (Hukum dan Advokasi) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman mengatakan, cawapres nomor urut 2 itu akan memberikan klarifikasi atas dugaan pelanggaran kampanye di wilayah car free day (CFD) di sepanjang Jalan MH Thamrin menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

"Untuk panggilan tanggal 3 Januari 2024 pukul 13.00. Sebetulnya ini tidak sampai 1x24 jam, tidak memenuhi unsur kelayakan panggilan, tetapi kami berkoordinasi dengan Mas Gibran sampai saat ini beliau berkeras untuk hadir besok," kata Habiburokhman saat jumpa pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2024) malam.

Habiburokhman menjelaskan alasan pihaknya tidak merekomendasikan Gibran untuk hadir pada pemanggilan pertama. Alasannya, karena surat pemanggilan Bawaslu Jakpus tersebut tidak masuk akal.

"Jadi dipanggil pertama untuk hadir tanggal 2 Januari 2023. Ini surat yang tidak masuk akal, jadi kayaknya ini bermain-main dengan mesin waktu karena dipanggil untuk setahun kemarin," kata dia.

Sementara, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengatakan, Gibran akan hadir ke Bawaslu Jakarta Pusat selain didampingi oleh Wakil Komandan Echo TKN Prabowo-Gibran Habiburokhman juga akan didampingi Wakil Komandan Alpha TKN Fritz Edward Siregar.

"Undangan jam 13.00 WIB, idealnya datang sebelum jam undangan, didampingi Pak Habiburokhman dan Pak Fritz Edward Siregar," kata Nusron.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipanggil Bawaslu, Gibran Pilih Ngantor di Solo

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memilih masuk kerja untuk melaksanakan tugasnya sebagai Wali Kota Solo pada hari pertama masuk kerja di Tahun Baru 2024. Padahal Bawaslu Jakarta Pusat mengagendakan pemanggilan terkait aksi bagi-bagi susu saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2024).

Pantauan Liputan6.com, Gibran mendatangi Balai Kota Solo sekitar pukul 10.32 WIB. Setelah turun dari mobil dinasnya dengan pelat nomor AD 1 A, langkah kaki putra sulung Presiden Jokowi itu tampak terhenti karena menemui perajin wayang kulit asal Solo, Margono atau yang akrab disapa Gogon.

Setelah sempat ngobrol sebentar, Gibran yang tampak menenteng map berisi sejumlah berkas itu kembali melanjutkan jalan kaki untuk masuk ke kantornya di Balai Kota Solo.

Tetapi saat dicegat sejumlah wartawan untuk ditanyai terkait pemanggilan Bawaslu Jakarta Pusat, ia sempat berbisik dan menyatakan pernyataannya itu off the record atau tidak untuk diberitakan.    

 

3 dari 3 halaman

Gibran Dipanggil Buntut Bagi-Bagi Susu di Area CFD

Sebelumnya diberitakan bahwa Bawaslu Jakarta Pusat akan memanggil cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka pada hari ini, Selasa (2/1/2024). Hanya saja baik Gibran mau timnya belum menerima surat pemanggilan resmi dari Bawaslu.

“Terkait panggilan Bawaslu Jakpus kepada Mas Gibran, kami menunggu kepastian dari Bawaslu Jakpus terkait pemanggilan ini,” kata Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma’ruf kepada wartawan, Selasa (2/1/2024).

Seperti diektahui Bawaslu Jakarta Pusat berencana memanggil Gibran untuk dimintai klarifikasi terkait aksi bagi-bagi susu di area Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta. 

“Undangan (klarifikasi Gibran) pukul 13.00 WIB, tanggal 2 januari 2024,” kata anggota Bawaslu Jakarta Pusat Dimas Trianto Putro saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini