Sukses

Anies Janji Bangun Stadion Internasional di Banjarmasin jika Jadi Presiden

Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan, berjanji akan membangun stadion bertaraf internasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, setara Jakarta International Stadium, jika terpilih sebagai presiden. Stadion itu bakal ia beri nama Wasaka International Stadium.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan, berjanji akan membangun stadion bertaraf internasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, setara Jakarta International Stadium, jika terpilih sebagai presiden. Stadion itu bakal ia beri nama Wasaka International Stadium.

Hal itu disampaikan Anies di kampanye hari kedelapan dalam acara 'Desak Anies' di Wetland Square Jalan Ahmad Yani Kilometer 3,5 Kebun Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Selasa (5/12/2023).

Mulanya, Anies Baswedan ditanyai moderator acara 'Desak Anies' terkait dua hal, yakni janji Anies membangun stadion sepakbola Mattoangin International Stadium di Makassar, serta pandangan Anies soal klub sepakbola asal Banjarmasin, Barito Putra, yang selama lima musim tidak pernah main di Banjarmasin.

"Bang Anies, di Makassar Bang Anies pernah bilang mau membangun Mattoangin International Stadium. Nah, di Banjarmasin ada klub Barito Putera lima musim tidak main di Banjarmasin, apa responsnya?" kata moderator.

Anies membenarkan bakal membangun Mattoangin International Stadium di Makassar. Anies lantas berjanji juga akan membangun stadion bertaraf international di Banjarmasin.

"Jadi kami berencana bangun di Makassar. Insyaallah kita akan bangun juga di Banjarmasin supaya klub di Banjarmasin bisa kembali bertanding di sini," kata Anies.

Anies menyatakan sudah melihat data terkait absennya Barito Putera berlaga di Banjarmasin selama lima musim. Anies berujar, nantinya stadion yang akan dibangun itu dapat menjadi kandang bagi klub sepakbola asal Banjarmasin tersebut.

"Karena saya lihat datanya, katanya di sini ada klub bola Barito Putra Putra dan Barito Putra itu kalau bertanding malah di luar, sudah lima tahun di luar Banjarmasin. Jadi mari kita kembalikan Barito Putra untuk bertanding di Banjarmasin," ucap Anies.

"Wasaka International Stadium, itu namanya nanti. Apa kepanjangan Wasaka? Waja sampai kaputing. Itulah namanya. Wasaka International Stadium," sambung Anies.

Anies menyampaikan, total berencana membangun sekitar sepuluh stadion bertaraf internasional seperti Jakarta International Stadium (JIS) di Indonesia, apabila jadi presiden terpilih di pilpres 2024.

"Jadi insyaallah kita catat, itu Wasaka International Stadium. Lalu begini, kami berencana bukan hanya di Banjarmasin, insyaallah ada sekitar 10 kota yang nanti akan kita bangun juga," ujar Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies akan Bangun Stadion Internasional di Makassar

Sebelumnya, Anies berjanji akan membangun stadion berstandar internasional di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), seperti Jakarta International Stadium (JIS).

Anies menyampaikan rencananya tersebut saat bertemu perwakilan kelompok suporter Persatuan Sepakbola Makassar (PSM), Sulsel pada Sabtu, 18 November 2023. Rencananya, stadion itu diberi nama Mattoangin International Stadium.

"Kita serius ingin membangun stadion di sini (Makassar). Bahkan kita tunjukkan rancangan dan maketnya. Stadion ini dibangun dengan standar FIFA, stadion dengan konsep green building dan bisa menampung hingga 40 ribu penonton," kata Anies Baswedan dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (19/11/2023).

Tak hanya memaparkan konsep dan desain, Anies juga menjelaskan rentang waktu pengerjaan pembangunan stadion tersebut. Menurut Anies, pembangunan Mattoangin International Stadium bakal berlangsung sekitar tiga tahun.

"Kami biasa bekerja dalam senyap. Dulu di Jakarta kami membangun stadion JIS setelah dua tahun dilantik, kami langsung kerjakan. Justru setelah pandemi selesai warga Jakarta kaget ada bangunan baru yang berdiri di tengah mereka," ucap Anies.

3 dari 4 halaman

Anies Singgung Proses Pembangunan JIS Banyak Pihak yang Pesimis

Kala disinggung ihwal kendala serta hambatan pembangunan stadion yang terbilang ribet, Anies justru optimistis dan percaya diri. Dia mencontohkan pembangunan JIS saat menjabat gubernur DKI Jakarta.

"Dulu kami membangun stadion di Jakarta juga dinilai pesimis oleh berbagai pihak. Mulai persoalan lahannya yang dianggap bermasalah, soal anggarannya yang dinilai tidak ada, tapi dengan pendekatan dialog semua bisa terselesaikan," kata Anies Baswedan.

"Insyaallah pendekatan yang sama akan kami lakukan dalam membangun Mattoangin International Stadium," sambung dia.

Rencana pembangunan stadion bertaraf internasional di Makassar ini ditandai dengan penandatanganan komitmen antara Anies dengan PSM.

4 dari 4 halaman

Anies Jadi Bangun Stadion Megah, TPN Ganjar-Mahfud: Jangan Hanya untuk Elektoral

Capres Anies Baswedan berjanji membangun stadion berstandar internasional seperti Jakarta International Stadium (JIS) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Cheryl Tanzil, mengatakan hal itu menjadi cara dari masing-masing tim dari pasangan calon presiden untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

"Tim lain mau kreatif silakan saja, selama baik untuk kepentingan masyarakat," kata Cheryl saat dihubungi, Selasa (21/11/2023).

Sebagai pendukung pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut dua, Cheryl mewanti apa yang dijanjikan kepada masyarakat tidak sebatas vote gater atau sekedar mendapatkan suara.

"Jangan hanya untuk fungsi elektoral (menjanjikan bangun stadion)," kata Cheryl.

Saat ditanya lebih jauh kenapa menawarkan membangun stadion ketimbang janji lain seperti kesejahteraan, kesehatan atau pendiikan, Cheryl menyerahkan hal itu kembali kepada Anies Baswedan dan timnya. Sebab, dirinya saat ini fokus kepada visi misi dari Prabowo-Gibran.

"Kalau pertanyaan kenapa stadion ditawarkan oleh tim Pak Anies, mungkin ini ditanyakan ke tim mereka ya, karena Kita fokus dengan visi misi kita sendiri," dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.